Pinterest, The Next Big Thing Social Media di Indonesia?

Apakah Anda pernah dengar social media yang satu ini? Pinterest adalah social media dimana kita bisa membuat papan-papan digital, lalu mengkoleksi beragam video dan gambar dari website mana pun juga, atau mengunggah foto-foto langsung ke dalam board-board yang kita buat.

Di Amerika Serikat Pinterest telah menyalip Google+, sebagai social media terbesar ketiga, setelah Facebook dan Twitter. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Walaupun jumlah penggunanya saat ini belum terlalu banyak, dan tidak seheboh di Amerika Serikat, tapi saya yakin bahwa Pinterest punya peluang yang sangat besar untuk menjadi social media yang besar di Indonesia.

Beberapa faktor yang akan membuat Pinterest juga booming di Indonesia:

Unik & Membawa Sesuatu yang Baru

Hal yang paling penting sebuah social media baru akan populer atau kah tidak adalah, apakah ada sesuatu yang baru, yang tidak ada di social media pendahulunya atau kah tidak? Facebook mengalahkan Friendster kala itu karena memperkenalkan photo tagging yang membuat audiens rela bermigrasi.

Lalu Twitter, menjadi tren karena kesederhanaan, dan kemudahan menyebarkan berita, isu hingga gosip. Lalu Pinterest itu binatang social media yang unik, karena kita mengumpulkan visual-visual yang kita suka. Sesuatu yang tidak dimiliki oleh Facebook atau Twitter sebagai social media yang terpopuler.

Visual & User Friendly

Para pengguna internet pada dasarnya tidak pernah benar-benar menyimak dan membaca, mereka hanya scanning. Oleh karena itu visual lebih menarik perhatian, dan Pinterest mengakomodasi perilaku ini. Visual di Pinterest sangat menonjol, dan teks sangat minimalis. Memudahkan yang nge-pin dan juga yang membacanya.

Di sisi lain, Pinterest sangat mudah digunakan, tampilannya sangat sederhana untuk melihat gambar atau memutar video bisa langsung di sana tanpa perlu beberapa langkah klik lagi, ini yang membuatnya cepat menyebar, dan digemari terutama kaum wanita.

Apabila dilihat konteks masyarakat Indonesia, yang lebih kuat budaya menonton dan visual dibandingkan budaya tulis, saya sangat optimis dalam waktu yang tidak terlalu lama, maka akan semakin banyak orang yang akan tertarik dan kecanduan Pinterest.

Tren Komputer Tablet

Dahulu Twitter menjadi tren karena Blackberry (BB) mewabah di Indonesia, dan salah satu alasan utama pakai BB biar bisa Twitteran atau sebaliknya. Era BB mendorong pertumbuhan mobile internet user di Indonesia, karena paket unlimited internet menggunakan BB yang murah membuat BB dipakai berbagai kalangan termasuk menengah bawah dan remaja. Maka twitter menjadi primadona karena begitu sederhana, dan dan cocok dengan mobile device.

Saat ini kehadiran Ipad lalu disusul dengan tablet berbasis Android, saya yakin yang akan booming social media semacam Pinterest. Karena dengan layar yang lebih lebar, dan gambar yang lebih tajam maka pengalaman bermain Pinterest menjadi lebih mengasyikkan.

Ke depan pertumbuhan pesat pengguna komputer tablet di Indonesia, pasti akan mendorong juga pertumbuhan pengguna Pinterest. Harga komputer tablet semakin murah, dan vendor yang membuat juga makin beragam. Komputer tablet seakan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Maka tinggal menunggu waktu saja Pinterest akan ikut booming di Indonesia.

Pemasar harus mulai waspada dengan tren ini. Apabila dari segi jumlah penggunanya semakin besar, maka brand pun harus mulai eksis di Pinterest, sebagai salah satu channel untuk strategi di digital. Apakah Anda juga melihat Pinterest akan besar di Indonesia? Apakah brand yang Anda kelola sudah memiliki akun di Pinterest?