Social CRM Part 5: How To Get Relevant Database

Pada tulisan sebelumnya, saya membahas untuk membangun Social CRM sebagai bagian dari strategi digital yang terintegrasi, tidak bisa asal mengumpulkan database. Tapi perlu dipikirkan bagaimana memperoleh databse yang memang relevan, agar konversi ke penjualan juga tinggi. Apabila tertarrik dengan isu ini, sila baca di sini.

Kali ini saya akan membahas, bagaimana caranya memperoleh database yang relevan itu? Ada beragam cara untuk mendapatkan database, yang relevan, dan memang berpotensi tertarik dengan produk kita.

Quiz / Competition

Hal ini sepertinya sangat lazim bagi brand-brand yang hadir di ranah digital. Strategi digital brand seringkali tidak lepas dari memotivasi audiens dengan memberi hadiah, agar menarik perhatian mereka, dan mau berinteraksi dengan brand, misalnya tujuan akhirnya konversi menjadi follower Twitter atau fans di Facebook.

Namun jarang sekali brand yang mengumpulkan database audiensnya dari kuis atau kompetisi yang dibuat. Mereka cukup puas hanya sekedar menambah jumlah follower atau fans. Padahal hanya tinggal menambahkan satu langkah saja, maka akan terkumpul database yang sangat berharga di masa depan. Untuk mengetahui data mendasar apa yang bisa diminta, saya pernah membahasnya di artikel ini.

Special Offer

Hal lain yang bisa dilakukan sebagai insentif bagi audiens untuk memberikan database-nya, adalah memotivasi dengan memberikan penawaran khusus bagi anggota. Misalnya potongan harga khusus untuk anggota.

Exclusive Community

Strategi lain yang bisa dilakukan adalah mereka akan jadi bagian dari sebuah komunitas eksklusif. Misalnya untuk melihat konten sebuah website atau mencoba sesuatu, eksklusif hanya anggota. Dan tidak sembarang orang bisa menjadi anggota. Mereka yang direkomendasikan oleh anggota lah yang bisa menjadi anggota.

Newsletter

Sebuah informasi bisa menjadi sampah, atau sangat berharga tergantung bagi siapa. Oleh karena itu, berikan opsi daftar langganan newsletter bagi mereka yang tertarik dengan isu seputaran produk Anda. Ini berarti kemungkinan membeli produk Anda juga akan sangat besar.

E-Book & Slideshare

Beberapa produk membutuhkan edukasi, dan informasi yang sangat mendalam, sebelum konsumen melakukan pembelian. Kenapa tidak membuat e-book gratis, dimana nantinya kita meminta mereka untuk meninggalkan data. Atau bisa juga dengan menggunakan slideshare, dimana apabila menggunakan fasilitas yang berbayar, Anda bisa meminta database mereka yang mengunduh presentasi Anda

Tentu saja setelah mereka kita edukasi melalui e-book atau materi presentasi yang diunduh, pertama akan terbetuk kepercayaan pada perusahaan dan produk Anda, kedua akan tertarik untuk membeli, atau kalau mereka bukan yang membeli, akan merekomendasikan ke orang lain yang mungkin membutuhkan. Dan dengan mengunduh, berarti sudah menseleksi audiens yang memang benar-benar tertarik dengan produk Anda. Dengan ini Anda membangun reputasi terlebih dahulu, baru konsumen akan percaya dan tertarik untuk membeli.

Free Sample

Akuisisi data konsumen bisa juga dilakukan dengan membagikan sample produk, jangan salah di media digital pun banyak brand telah melakukannya. Misalnya hanya dengan memasukkan data, beberapa brand Unilever Indonesia akan mengirimkan contoh produk terbarunya ke konsumen.

Dan bagi konsumen mendapatkan produk gratis tetap saja diburu, asal tidak ribet. Ini insight menarik yang saya peroleh ketika melakukan Focus Group Discussion (FGD) komunitas fans FB & Twitter brand.

Free Trial / Free Usage Limited Feeature

Ini biasanya dilakukan oleh perusahaan penyedia software. Mereka memberikan kesempatan untuk mencoba dalam jangka waktu tertentu, atau memberikan jasanya secara cuma-cuma namun fiturnya terbatas.

Namun dari sini akan terkumpul database, yang mempunyai banyak sekali kegunaan untuk analisa perilaku konsumen, pengembangan produk, hingga mengkonversi mereka menjadi pengguna berbayar. Ambil contoh Hootsuite, slideshare bahkan Linkedin. Mereka memberikan jasanya gratis, untuk yang versi terbatas, untuk mendapatkan fasilitas yang lebih banyak, lebih cepat atau lebih nyaman. Mereka diharapkan untuk upgrade ke berbayar.

Dari beragam strategi digital diatas untuk mengumpulkan database, metode apa yang paling tepat dengan karakteristik produk Anda?