28055_start-up

#BookReview: Big Bang Disruption

 

Travelling adalah salah satu hobi saya, itu sebabnya saya dedikasikan satu sub menu sendiri My Travelling. Satu tradisi lain yang saya lakukan saat travelling adalah membeli buku di luar negeri. Karena pilihan buku berbahasa Inggris lebih beragam, dan harganya lebih murah. Ketika saya transit di KLIA 2, saya menemukan yang sangat menarik “Big Bang Disruption.

big bang

Buku ini sangat relevan dengan keadaan saat ini, di mana banyak perusahaan dan industri yang dilanda kepanikan karena industrinya digerus oleh pesaing baru yang muncul karena adanya teknologi dan digitalisasi. Saya sempat menulis soal ini juga sebelumnya di artikel “Industri yang Paling Terancam Disrupsi Digital di Indonesia”.

Buku ini merupakan sebuah riset yang sangat lengkap, mulai dari mengidentifikasi apa saja pertanda industri yang Anda geluti, mengalami ancaman serius disrupsi digital, lalu kapan saat yang tepat untuk masuk, dan yang paling penting bagaimana menyikapi perubahan ini. Strategi yang paling banyak dibahas adalah untuk perusahaan yang menjadi incumbent atau petahana.

Ada beberapa pilihan strategi menghadapi disrupsi digital ini menurut buku ini, antara lain: Inventors, Designers, Producers atau Assemblers. Buku ini dilengkapi dengan hasil penelitian yang komprehensif, dan rekomendasi yang sangat masuk akal untuk merespon dunia yang berubah sangat cepat. Buku yang sangat direkomendasikan untuk para eksekutif, dan pengambil keputusan di perusahaan. Summary dari buku ini, bisa Anda intip di link berikut. Kesimpulan paling penting adalah, digital strategy bukan hanya bicara kanal komunikasi dan pemasaran. Tapi digital itu juga bicara tentang business model yang bisa jadi mengancam bisnis Anda yang sudah berjalan saat ini.

Sudah baca buku ini? atau tertarik untuk membacanya? Apakah Anda siap dengan Big Bang Disruption?

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Operating Officer (COO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini