branding

5 Dampak Positif Menulis Blog Secara Konsisten

Hampir 6 bulan saya kembali aktif menulis blog, setelah rumah bernama tuhunugraha.com ini jadi. Dulu saya memang sempat menulis dan tercecer mulai di Kompasiana, blog perusahaan dll. Akhirnya setelah ada “rumah” web pribadi ini saya mulai mengumpulkan semuanya, termasuk yang ditulis di berbagai media, dan juga mulai rajin menulis lagi.

Selama 6 bulan konsisten menulis, ternyata banyak manfaat yang sudah saya rasakan, bahkan dampaknya lebih dahsyat bagi saya pribadi dan juga Upnormals Pingfans, sebagai perusahaan Digital Strategy Agency yang saat ini saya kelola. Berikut beberapa dampak positif ketika saya kembali rutin menulis.

Baca Juga: 3 Top Blog Sebagai Referensi Digital Strategy

Belajar berpikir lebih terstruktur, dan mengumpulkan data dan fakta pendukung. 

Ketika saya mulai menulis lagi, maka saya mulai menggali informasi apa yang akan saya tulis. Biasanya ritual dimulai dengan membuat kerangka berpikir, apa saja yang akan ditulis. Ini tanpa disadari membuat saya belajar untuk berpikir, dan menganalisa sebuah studi kasus dengan lebih terstruktur. Ini kebiasaan yang sangat dibutuhkan, sebagai seorang konsultan, yang tiap hari harus membantu klien masalahnya terkait digital. Ini seperti olahraga rutin bagi otak, sebelum menghadapi pertandingan bernama “pitching” dan brief.

Di sisi lain, saya juga “dipaksa” untuk terus belajar. Riset ini itu, untuk membuat tulisan. Karena tulisan yang baik sudah selayaknya dilakukan riset dulu, untuk mencari fakta dan data pendukung.

Mempertajam Analisis, Karena Rutin Menganalisa Google Analytics untuk Mengetahui Artikel Mana yang Menarik, dan Bagaimana Konversi dari Tujuan yang Ditetapkan

Sebagai seorang ahli di digital, ini juga saya jadikan laboratorium eksperimen, untuk mempelajari lebih mendalam tentang Google Analytics, dan menganalisa lebih lanjut dari sisi konten, perilaku konsumen dan pembaca, hingga bagaimana konversi ke tujuan, yang telah ditetapkan. Blog ini membuat cara menganalisa saya jadi lebih tajam, karena setiap saat selalu diasah.

Membangun Otoritas dan Meningkatkan Brand Awareness Sebagai Digital Expert

Sebagai seorang konsultan dan seorang pengajar (dosen & trainer), saya harus secara konsisten membangun brand awareness, dan engagement. Kalau klien-klien direkomendasikan untuk mengeluarkan sejumlah budget untuk pemasaran di digital. Blog ini sebenarnya investasi pemasaran untuk mengenalkan Upnormals Pingfans, sebagai digital agency yang berbeda dari yang lain. Kita mau membawa Upnormals Pingfans sebagai hibrida, dari agency yang jago eksekusi, dan konsultan yang bisa melihat helicopter view, dan paham proses bisnis.

Tanpa Sadar Ini Menjadi Barrier to Entry yang Kokoh Ketika Industrinya yang Hyper Competitive dan Barrier to Entry yang Rendah

Industri digital ini lagi seksi, dan sangat mudah dipelajari oleh semua orang. Ini ilmu yang bisa dipelajari dengan cepat, karena bukan keahlian teknis yang butuh waktu pembelajaran lama misalnya jadi dokter, pengacara dll. Dan tanpa sengaja saya menyadari, menulis blog terlihat gampang tapi ternyata tidak semua orang punya kegigihan dan kemauan untuk menulis.

Ini menjadi nilai tambah yang sangat penting, dan tak mudah ditiru. Blog memang gratis, dan mudah dibuka, tapi konsistensi dalam menulis itu ternyata hal yang langka, dan tidak banyak dilakukan dengan berbagai alasan. Dan saya melihat ini justru menjadi peluang yang sebaiknya saya manfaatkan, karena dampaknya sangat signifikan dalam membangun otoritas di industri.

Mendapatkan leads klien, dan Undangan Jadi Pembicara Karena Mereka Membaca Blog 

Blog ini memang baru beberapa bulan berjalan, dan saya cukup terkejut ada beberapa leads klien Upnormals Pingfans yang kontak saya via email pribadi, saya yakin karena mereka membaca blog saya, atau menemukan blog saya. Ada juga kemenangan pitching karena mereka sering membaca blog ini. Saya juga sudah beberapa kali mendapatkan undangan menjadi pembicara karena blog ini. Bahkan saya juga akhirnya diundang jadi kontributor portal agregator ASEAN okbaai.com, karena foundernya membaca salah satu tulisan saya.

Jejaring yang saya peroleh ini tentu tak ternilai harganya, karena ini di masa depan bisa terkonversi jadi bisnis, menaikkan awareness, dan membuka banyak peluang lainnya.

Ini cerita saya tentang blog ini? Ada yang mau berbagi cerita tentang dampak positif menulis blog? Ditunggu ya.

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer (CEO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini