Fasting Month

3 Alasan Ramadhan 2016 Akan Menjadi Ramadhan Era Digital Pertama

Marhaban ya Ramadhan, Ramadhan sebentar lagi, semua pemasar  sudah sibuk untuk meraup momentum ini. Karena selama satu bulan ini, konsumen akan mengkonsumsi lebih banyak, purchasing power juga meningkat karena ada Tunjangan Hari Raya (THR).

Tapi saya melihat ada fenomena yang lebih menarik, kalau pemasar lebih gencar promo produknya sudah menjadi rutinitas di tiap Ramadhan. Hal yang membuat menarik adalah tahun 2016, saya melihat adalah Ramadhan pertama di mana brand jor-joran berinvetasi di digital untuk meningkatkan awareness, engagement, sampai dengan jualan.

Beberapa fenomena berikut menjadi acuan:

Content Marketing Digital 

Di Ramadhan tahun ini saya melihat banyak brand yang sudah curi start untuk menyambut Ramadhan. Investasi digital di Ramadhan kali ini, terlihat sangat serius bukan sekedar konten-konten social media atau ads placement seperti tahun lalu. Tapi banyak brand yang sudah membuat content marketing yang digarap serius, untuk kanal digital.

Contoh yang saat ini sedang jadi buah bibir, karena memberikan efek woww dan digarap sangat bagus adalah video #KerenHakSegalaBangsa dari Ramayana Department Store. Lalu Unilever sudah meluncurkan microsite khusus Ramadhan, 1001 Inspirasi Ramadhan. Dan yang tak kalah menarik, web series Ramadhan Dream.co.id bersama Wardah #HijabLoveStory.

Ngabuburit Sambil Belanja Online

Ramadhan tahun ini juga akan riuh dengan belanja online, mulai dari tiket kereta dan pesawat, beli baju lebaran, kue lebaran dll. Saya duga ini adalah Lebaran Digital pertama, di mana semua baju dan perlengkapan Lebaran mulai banyak dibeli di online. Konsumen sudah menganggap kuno belanja ke mall atau pasar. Karena di online belanja lebih murah, tanpa perlu antri dan desak-desakan, dan satu lagi pilihannya lebih banyak, hampir tak terbatas.

Konsumen masih menyesaki mall untuk buka bersama teman-teman. Coba kita lihat saja keriuhan belanja online di Ramadhan kali ini. Karena semua e-commerce sudah melakukan promo untuk menarik hati konsumen.

Offline Promo for Online Commerce

Saya juga mengamati hampir semua ecommerce besar semacam MatahariMall, Elevenia sudah melakukan promo yang gencar bukan hanya di online, tetapi juga di offline. Misalnya di billboard sepanjang Jakarta, dan saya yakin iklan tv juga akan didominasi oleh e-commerce yang mengedukasi konsumennya untuk berbelanja online.

Apakah Anda setuju? Ada yang mau ditambahkan? Mari kita diskusi

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Operating Officer (COO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini