Source: Image from ITVision Portal

3 Hal Esensial Untuk Menjadi Digital Marketer Handal

Perjalanan saya sejak 2008 malang melintang di dunia digital marketing, memberikan banyak pelajaran tentang apa yang paling penting untuk bisa bertahan di bidang ini yang sangat dinamis dan kompetitif. Ini adalah beberapa hal yang penting, dan kompetensi dasar yang harus dimiliki di bidang ini:

Adaptif dan Selalu Belajar

Digital marketing itu perkembangannya sangat pesat, Anda tidak bisa lengah dan  merasa sudah hebat. Karena ini adalah bidang yang selalu ada yang baru tiap hari bahkan tiap detik. Jadi yang harus dilakukan tiap hari adalah kemauan untuk belajar hal-hal yang baru, bahkan ke mereka yang lebih junior. Karena bisa jadi mereka yang lebih tahu. Misalnya adopsi social media baru sering kali dilakukan oleh remaja. Inovasi bisnis berbasis digital, juga sering kali idenya muncul dari mahasiswa yang masih kuliah. Jadi ubah pemikiran bahwa Anda senior maka akan tahu segalanya. Ini era kesetaraan, semua orang bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Karena akses ke informasi terbuka lebar.

Untuk update tentang perkembangan digital terbaru, saat ini yang saya rekomendasikan adalah blog Econsultancy.

Pemahaman Pemasaran Klasik

Namanya juga kita bicara digital marketing, maka tidak bisa dihindari Anda harus memahami pemasaran klasik, dan yang mendasar. Karena ujungnya digital itu hanyalah channel informasi. Jangan terlalu asyik dengan hal-hal teknis di digital, tapi tidak punya fondasi yang kuat pemahaman tentang pemasaran. Jadi jangan heran muncul artikel yang pedas terkait ini di TechCrunch

Kemampuan Analisis Kuantitatif

Ketika digital memasuki era big data, maka yang dibutuhkan bukan cuma orang-orang yang kreatif. Tapi juga mereka yang bisa membaca dan menganalisa data. Dari sana kemudian muncul strategi dan rekomendasi apa yang akan dilakukan terkait ini. Kreatif bukan lagi didasarkan insting, tapi berdasarkan data. Dan ini yang masih langka terutama di Indonesia. Karena kemampuan ini berarti harus memadukan kekuatan otak kiri dan otak kanan.

Any comments? Let’s discuss

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Operating Officer (COO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini