amazon

Menyambut Hadirnya Amazon di Indonesia

Berita besar hari ini di ranah digital dan khususnya e-commerce adalah, akan masuknya Amazon di Indonesia. saya membacanya pertama kali di Techinasia . Ini sebuah berita yang sangat besar, dan menurut saya bisa dimaknai dengan 3 hal penting berikut:

Pasar E-commerce Indonesia Sangat Menjanjikan

Bulan April yang lalu, berita besar Lazada dibeli Alibaba. Ini berarti Alibaba akan mengepakkan sayapnya di Asia Tenggara, salah satunya tentunya Indonesia. Lalu hari ini berita tentang Amazon yang akan menginvestasikan 600 juta dollar di Indonesia. Ini menunjukkan pasar e-commerce di Indonesia memang masih sangat potensial, apalagi dengan bentuk geografis yang terdiri dari banyak pulau, jumlah kelas menengah yang terus akan tumbuh ini adalah pasar yang sangat potensial.

E-commerce Lokal Harus Segera Bersiap

Amazon adalah pemain lama di industri E-commerce dan bisa disebut sebagai salah satu pionir. Mereka sudah punya sangat banyak pengetahuan dan pengalaman, berdasarkan sepak terjang mereka selama ini. Mereka pastinya punya data yang sangat kuat untuk bisa menganalisa pola, yang kemudian dieksekusi menjadi strategi bisnis.

Para penggiat e-commerce lokal harus bergerak lebih lincah, karena menghadapi raksasa sebesar Amazon dengan dana yang sangat besar 600 juta dollar, bayangkan sebelumnya Matahari Mall pun hanya 500 juta dollar. Saya melihat kesempatan yang dimiliki oleh e-commerce lokal adalah mereka lebih memahami pasar Indonesia yang sangat unik. Kelebihan ini yang harus secara konsisten mereka gunakan untuk melakukan inovasi. Misalnya inovasi kerjasama Tokopedia dan Kantor Pos untuk pembayaran dan pengambilan barang sesuatu yang sangat brilian dan relevan dengan pasar Indonesia.

Redefinisi Dunia Logistik

Ini yang paling menakutkan, karena kekuatan Amazon bukan hanya dikeanekaragaman item barang yang dijual, tetapi juga kemampuan logistik mereka yang sangat kuat dan dikelola sendiri sehingga mereka bisa menjanjikan produk sampai hanya dalam satu hari.

Ini tentunya bukan hanya akan mengancam bisnis e-commerce, tapi juga perusahaan yang bergerak di bidang logistik seperti JNE, atau acommerce yang perlahan juga mulai menginvestasikan di pergudangan dan pengiriman barang di berbagai kota di Indonesia.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda cemas atau bahagia menyambut kehadiran Amazon?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Operating Officer (COO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini