Social media buttons

Peluang Digital Bagi UKM

Era digital sebenarnya memberikan banyak peluang bagi UKM, tapi seringkali yang dilihat oleh sebagian besar UKM hanyalah bagaimana memanfaatkan social media untuk jualan. Jadi proses berpikir yang terbentuk masih sangat parsial, dan belum melihatnya sebagai sebuah digital strategy yang terintegrasi. Lalu apa saja peluang yang bisa dilakukan UKM?

Baca juga: 3 Alasan Mengapa UMKM Perlu Melek Digital

Media Promosi, Membangun Merek, & Jualan

Digital memang benar sekali menjadi kanal yang lebih murah bagi UKM untuk melakukan berbagai promosi, seperti yang selama ini sudah dilakukan dan juga pastinya bisa menjual produknya. UKM bisa menjual produknya tanpa batas ke seluruh dunia.

Tapi yang sering dilupakan adalah hanya sibuk promo dan jualan, membangun mereknya dilupakan, akhirnya yang terjadi mati. Mengapa? Ketika tidak investasi membangun merek, akan mati diterjang kompetitor karena bisa menawarkan harga yang lebih murah.

Saya kemarin sempat ketemu sepupu yang sudah lama berjualan di onlin, baik itu FB, Tokopedia dll. Ketika e-commerce makin booming, jualan makin susah karena ngga punya merek sendiri akhirnya kalah dengan yang banting-bantingan harga.

Proses Bisnis & Produk

Ini yang tidak terlalu banyak dijamah. Digital sebenarnya membuat proses bisnis bisa jadi lebih efisien. Misalnya menggunakan sistem penyimpanan cloud, menggunakan piranti lunak sistem sewa untuk accounting dll. Sehingga perusahaan bisa berjalan lebih efisien. Di sisi lain, pastinya ada banyak  kesempatan membangun perusahaan berbasis digital, atau adanya kebutuhan produk atau jasa yang timbul akibat tren digital.

Misalnya sekarang sedang tren konten video, ada kesempatan emas membuat Production House (PH)khusus konten online. Misalnya PH khusus spesialisasi bikin konten Youtube, Instagram dan Snapchat.

Inovasi & Referensi

Era digital membuat informasi begitu murah, kunci untuk bertahan adalah inovasi. Dan saya melihat UKM sering kali lemah diinovasi produk. Padahal sumber inspirasi bertebaran di mana-mana. Anda bisa ikut komunitas di online, mencari referensi dari berbagai belahan dunia, untuk mengembangkan sesuatu yang baru, atau lebih inovatif.

Misalnya ketika Anda seorang pengusaha sepatu di Cibaduyut, harusnya tinggal buka pinterest untuk bisa mengintip inspirasi model-model sepatu terkini. Lalu menyaring mana yang kira-kira akan laku di pasar Indonesia. saya rasa inspirasi dari sana sudah sangat tak terbatas, tinggal bagaimana menanfaatkannya saja secara maksimal.

Bagaimana menurut Anda?

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Operating Officer (COO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini