Cover Buku

Apa Itu WWW.HM? Di Buku “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Akhir tahun 2014, saya meluncurkan buku ‘WWW.HM Defining Your Digital Strategy”. Dan setiap kali saya mengisi training, jadi pembicara seminar, atau jadi dosen tamu di berbagai universitas. Banyak yang penasaran apa artinya WWW.HM? Ini sebenarnya skema digital strategy, yang saya tawarkan untuk lebih mudah memahami digital strategy, dan langkah apa saja untuk mengeksekusinya. Kepanjangannya adalah; What, Who, Where, How & Measurement.

WWW.HM

WHAT is Your Objective

Ini adalah langkah pertama yang harus ditentukan. Tetapkan dulu tujuannya mau apa? Ibarat kita mau berjalan, tahu mau ke mana yang dituju. Biar nanti tidak gamang ketika sudah berjalan, jangan sampai sudah mengeksekusi strateginya, tapi bingung mau dibawa ke mana? Karena nanti pasti akan bingung, apa yang mau dijadikan ukuran keberhasilan dll.

Baca Juga: Tujuan Social Media di Layanan Publik dan Pemerintahan

WHO is Your Audience

Berikutnya setelah mengetahui tujuannya apa, kemudian cari tahu sebenarnya siapa target dari komunikasi ini? Definisinya bisa berdasarkan geografis, umur, hobi, pendapatan, impian dan harapannya seperti apa, profesinya dll. Semakin spesifik gambaran audiens yang kita tuju, maka akan semakin mudah Anda dalam merumuskan strategi yang akan dilakukan.

WHERE is Your Audience

Setelah tahu audiensnya, maka kita akan bisa mengidentifikasi kanal mana yang mereka gunakan untuk berinteraksi di digital. Apakah social media? mesin pencari? iklan? video?  Jadi tidak bisa langsung hanya bikin template saja, bikin Facebook dan Twitter karena yang lain juga bikin begitu. Bisa jadi audiens Anda, ada di kanal yang sama, bisa juga di tempat yang berbeda. Karena komunikasi di digital itu sifatnya customized, bukan massal seperti komunikasi via tivi.

HOW to Execute Your Strategy

Setelah melalui proses yang diatas maka Anda akan bisa merumuskan, eksekusi apa yang akan dilakukan? Social media? Search Engine Marketing? Banner Ads? Berapa persen alokasi budgetnya? Semuanya ditentukan dari insight yang Anda dapatkan di atas. Jadi ketika melakukan eksekusi strategi lebih tepat sasaran.

Measurement

Paling akhir adalah, menentukan apa yang akan diukur untuk bisa memberikan penilaian komunikasi yang dilakukan ini berhasil atau tidak. Untuk membuat pengukuran ini,  kembali lagi harus melihat tujuannya. Sering kali saya menemukan cerita-cerita, antara tujuan dan pengukuran yang dilakukan tidak sinkron. Ini biasanya terjadi, karena tidak melalui proses lima langkah diatas.

Anda bisa mendapatkan buku WWW.HM Defining Your Digital Strategy Gratis di sini

Apakah Anda sudah melakukannya?

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Operating Officer (COO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini