fintech 1

Hambatan Terbesar Bagi Fintech di Indonesia

Sebelumnya saya sudah menulis tentang tren Fintech di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Tetapi perlu diingat ada juga banyak faktor yang menghambat pertumbuhannya. Karena Fintech ini sedikit unik dibandingkan membangun start up dibidang lain, karena terkait dengan regulasi pemerintah. Regulasi industri finansial memang lebih rumit, karena  ini menyangkut kepercayaan, dan risiko yang sangat tinggi. Oleh karena itu konsumen butuh jaminan hukum, dan aturan main yang adil.

Baca juga: Mengapa Fintech Akan Jadi Tren Berikutnya di Indonesia

Ada sebuah skema yang menarik, dan dibuat sangat komprehensif mengenai faktor kunci kesuksesan Fintech,  bisa dibaca di bawah ini:

Kalau melihat dari hal tersebut berikut hal-hal yang akan menghambat pertumbuhan Fintech di Indonesia menurut analisa saya:

Regulasi 

Seperti yang saya paparkan di atas, industri ini lebih unik dibandingkan dengan start up di bidang lain. Ini butuh regulasi dan aturan main yang jelas, karena kalau tidak akan bisa berbahaya. Karena konsumen pasti yang akan dirugikan, dan menyangkut jumlah uang yang sangat besar, dan risiko yang tak kalah besarnya.

Saya rasa pemerintah sampai saat ini belum punya aturan main khusus untuk Fintech walaupun beberapa start up Fintech sudah mulai bermunculan seperti uang teman, tunaiku dll. Untuk mendorong pertumbuhan yang lebih masif terkait ini, dan juga biar tidak terjadi bentrokan lagi seperti yang terjadi di industri transportasi maka aturan ini mesti segera dipikirkan.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Ini tantangan lain untuk Fintech di Indonesia. SDM yang berkecimpung di Fintech, tidak bisa dimasuki oleh siapa saja, dari berbagai literatur yang saya baca. Mereka ini haruslah yang punya latar belakang perbankan. Dan sepertinya saat ini praktisi perbankan yang melek soal teknologi di Indonesia sangat sedikit. Di sisi lain, bursa SDM di digital pun sedang mengalami kelangkaan karena permintaan yang sangat tinggi, terutama yang sedang sangat haus akan talent adalah industri e-commerce.

Ekosistem & Dorongan Pemerintah

Ini juga belum terbentuk dengan baik. Untuk membuat Fintech tumbuh pesat dibutuhkan kerjasama antarsektor dan dorongan dari pemerintah. Saya melihat Fintech bukan prioritas pemerintah saat ini, karena fokus start up digital yang didengungkan oleh pemerintah lebih ke industri kreatif.

Negara yang sangat mendorong kemajuan Fintech saat ini adalah UK, mereka sangat berkomitmen untuk membuat pertumbuhan Fintech, dan menjadikan London jadi salah satu pusat pengembangan Fintech di dunia.

Apakah Anda setuju?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Operating Officer (COO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini