man holding a bowl in both hands, receiving a serving of soup from another man holding a soup ladle

Apa Saja Tujuan Digital Strategy di Organisasi Nirlaba?

Strategi digital untuk organisasi nirlaba tentunya akan berbeda dengan perusahaan, atau pengelolaan brand. Karena sebagai sebuah organisasi juga kepentingannya bertolak belakang. Oleh karena itu, sebelum merumuskan digital strategy atau pun membuat strategi di media sosial misalnya, perlu memahami dulu apa tujuannya. Sehingga punya fondasi yang kuat ke belakangnya.

Baca Juga: Beberapa Pelajaran Penting dari KitaBisa.com

Berikut beberapa tujuan dari organisasi nirlaba kaitannya dengan digital:

Mendapatkan Donasi

Organisasi nirlaba sangat bergantung pada donasi dan para donatur. Oleh karena itu ini  sangat vital bagaimana mendapatkan donatur, dan menjalin hubungan yang baik dengan para donatur agar mereka menjadi donatur tetap.

Baca Juga: Apa Itu WWW.HM di Buku “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”?

Manajemen Isu

Organisasi nirlaba biasanya fokus pada satu atau beberapa isu yang ingin mereka selesaikan, atau membuat masyarakat luas tahu dan terlibat dalam penyelesaian isu tersebut. Oleh karena itu ini juga bisa jadi salah satu fokus tujuan dari digital strategy di organisasi nirlaba.

Mengubah Perilaku

Organisasi nirlaba selain berharap masyarakat mengetahui isu tertentu, maka juga berharap agar terjadinya perubahan perilaku. Misalnya membuat masyarakat sadar untuk tidak melakukan perburuan hewan langka, atau memboikot untuk mengkonsumsi produk dari perusahaan yang merusak lingkungan misalnya.

Ada lagi yang tertinggal? Mungkin teman-teman dari organisasi nirlaba bisa menambahkan.

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Operating Officer (COO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini