Networking

Go Digital in Network Marketing Company (MLM)

*Kali ini adalah tulisan dari Guest Blogger. Karena blog ini akan dijadikan sebuah wadah yang visinya menjadi sarana kolaborasi dan berbagi ilmu dan pengalaman dari para praktisi digital di Indonesia.

Bagaimana reaksi kalian saat mendengar kata MLM?

Mungkin ada yang langsung reaktif tidak suka atau mungkin malah punya pengalaman sukses sampai saat ini.

Pastinya blog ini bukan ingin bercerita tentang bisnis MLM ataupun bahkan nawarin gabung MLM namun karena Hepi-inc telah menjadi communication consultant K-link Indonesia selama kurang lebih 2thn hingga sekarang maka banyak hal menarik yang bisa di share terutama bagaimana proses “Go Digital” mereka.

Mungkin beberapa dari pembaca paham bahwa semua perusahaan MLM di Indonesia adalah anggota dari APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) nah salah satu kebijakan dari APLI adalah larangan untuk tidak boleh berjualan melalui E-commerce.

(E-commerce loh ya bukan social media.) walaupun banyak member yang mungkin belum mengerti atau bahkan belum paham mengenai aturan tersebut sehingga kl dicari jg masih banyak yang jualan di e-commerce.

Kebijakan tersebut sebenarnya sangat beralasan, namanya juga “penjualan langsung” maka MLM adalah bisnis yang harus bertemu muka antara penjual dan pembeli. Di mana mereka kemudian saling berinteraksi tidak hanya untuk berjualan bahkan juga meraih sukses bersama.

K-link pun menaati aturan tersebut dan menciptakan digital strategi lain supaya tetap update di dunia digital dan memudahkan membernya.

Selain aktif di social media, website mereka pun cukup lengkap, informatif dan terupdate.

K-link juga menyediakan platform digital dengan nama K-Net untuk bertransaksi secara online.

Namun masalah yang mungkin hampir terjadi di sebagian besar perusahaan adalah digital platformnya ready tapi pengguna/member/ audiencenya sendiri yang belum siap.

Apalagi di K-Link yang membernya hampir 2 juta orang sampai saat ini.

Belum semuanya paham dan cakap menggunakan digital dalam kegiatan sehari hari apalagi dikaitkan dengan bisnis ataupun penggunaan digital platform tadi.

Kami dari sisi communication consultant selain membantu mengurus content strategy demi tercapainya good awareness K-Link di Indonesia juga bertanggung jawab memberikan solusi supaya semua digital platform mereka maksimal digunakan oleh member.

Balik lagi ngomongin kekuatan dan keunikan dari bisnis MLM adalah kekuatan jaringan mereka yang mengakar dan kompak banget bagaikan keluarga tanpa ikatan darah.

Dan uniknya Presiden Director K-link Indonesia; Bapak Radzi Saleh sangat dekat dengan semua member dan juga humble, beliau bahkan berkantor di Indonesia walaupun beliau adalah warga negara Malaysia.

Leadership style yang dijalankan Pak Radzi adalah Kekeluargaan.

Beliau dianggap “Bapak” dari keluarga K-Link Indonesia yang sedemikian besar jumlahnya.

Kami menggunakan proposition “Bapak” tersebut utk memotivasi semua member.

Pak Radzi kami bantu utk aktif di 2 socmednya (Fb : Bapak Radzi Saleh dan Twitter : @bapakRadzi)

Mungkin buat pembaca yang penasaran bisa follow dan like beliau.

Karena sosok “Bapak” itu selalu jadi panutan maka pada saat “Bapak” nya Go digital anak anaknya pun pengen melakukan hal yang sama.

Strategy ini cukup berhasil dan setiap event yang diselenggarakan rutin di berbagai kota, K-link akan sharing bahwa sekarang berkomunikasi dengan Bapak Radzi sangat mudah melalui social media.

Para member sangat termotivasi untuk belajar mengenal digital, at least menggunakan social media.

Account Bapak Radzi tumbuh sehat secara Organic dengan engagement rate yang sangat bagus.

Tidak berhenti sampai di situ, kami dari team Hepi.inc bekerja sama dengan team digital K-Link juga menyediakan digital training secara rutin sehingga member bisa terus belajar sampai cakap menggunakan digital melalui mobile phonenya.

Saya pribadi sangat kagum pada bisnis MLM, di mana komunikasi antara pihak management dan audiencenya sangatlah harmonis. Dan dengan jumlah audience lebih dari 2 juta itu tentu saja sangat mencengangkan. Seperti yang kita tahu People Management bukan hal yang mudah dan engagement harmonis dengan audience adalah impian semua brand/ corporate.

Jadi “Go digital” di perusahaan MLM terutama K-Link yang kami handle memiliki  kesan tersendiri yang lebih mendalam yaitu “grow together”.

Masih berpikir negatif tentang MLM di Indonesia? Think again 😎

Agnes Aprilia

#hepimommy

CEO & Founder Hepi.Inc

Email me to create happiness; Agnes@hepi-inc.net

Www.hepi-inc.net