Digital Lounge

Mengapa CIMB Niaga Adalah Bank Yang Paling Responsif di Era Disrupsi Fintech?

Saya beberapa kali menulis tentang Financial Technology (Fintech), karena ini adalah salah satu tren yang mulai terlihat menggeliat di Indonesia. Saya sempat menulis dua artikel sebelumnya tentang fintech ini. Bahkan di akhir bulan Agustus ini akan ada konferensi financial technology di ICE BSD. Dugaan saya ini adalah konferensi pertama di Indonesia yang khusus membahas tentang Fintech.

Baca Juga: Mengapa Fintech Akan Menjadi Tren di Indonesia

Bagi yang masih bingung dengan istilah ini, bisa cek pengertian Fintech di wikipedia. Beberapa hari yang lalu tanpa sengaja obrolan dengan sahabat saya Agnes CEO  Hepi Inc, menyimpulkan CIMB Niaga ini yang paling inovatif dan terdepan mengantisipasi disrupsi Fintech.

Baca Juga: Hambatan Terbesar Bagi Fintech di Indonesia

Apa saja yang telah dilakukan oleh CIMB Niaga untuk merespon era ini? Berikut beberapa hal yang saya amati.

Inovasi Produk

CIMB Niaga untuk urusan consumer banking terdepan, kalau kaitannya dengan inovasi produk sebut saja rekening ponsel, lalu on account (rekening tabungan hanya via online), dan yang terakhir Kartu Kredit Wave & Go. Keunikan kartu ini bisa melakukan transaksi contactless, dan bisa berbentuk sticker yang praktis dipasang seperti halnya tcash dari Telkomsel.

Inovasi-inovasi produknya sangat menarik, dan pastinya akan bisa menarik generasi milenial yang sangat suka dengan produk yang canggih, dan memudahkan hidup mereka.

Digital Experience

Digital lounge menurut saya adalah ide yang sangat cerdas. Mereka memilih strategi efisiensi memanfaatkan teknologi, dan hemat Sumber Daya Manusia (SDM). Satu outlet bisa menyelesaikan semua masalah dan kebutuhan konsumen, dan hanya dikerjakan oleh satu orang saja.

Dan yang lebih menarik, Digital Lounge buka di mall-mall dan jam layanan mengikuti jam buka mall. Ini sebuah ide yang luar biasa, karena konsumen butuh sesuatu yang mudah dan cepat kapan pun, dan di lokasi yang memang mereka sering kunjungi.

Kalau dulu weekend banking, cabang bank di mall yang buka di hari Sabtu dan Minggu sudah membuat saya wowwww. Sekarang itu terkesan kuno, karena Digital Lounge CIMB Niaga telah menciptakan sebuah standar baru.

Efisiensi Berbasis Teknologi

Kebetulan saya punya berbagai rekening bank mulai dari BCA, CIMB Niaga, BRI, Permata, Commonwealth untuk kebutuhan yang berbeda. Dan saya bisa merasakan betapa layanan dari tabungan CIMB Niaga ini memang lebih terasa sentuhan teknologinya. Dimulai dengan internet banking, CIMB Clicks ini jauh lebih mudah dipahami secara user experience (UX) dibanding internet banking bank lain.

Mereka juga sangat proaktif mengedukasi konsumen untuk bertransaksi via digital. Indikatornya, mereka memberikan poin xtra (loyalty program) setiap transaksi yang dilakukan via rekening ponsel, CIMB Clicks dll. Transfer antarbank apabila dilakukan melalui internet banking akan bebas biaya transfer (dan ini tidak berlaku apabila via ATM).

Ini artinya sebagai korporasi mereka tidak akan fokus untuk menambah jumlah mesin atm yang notabene investasinya lebih mahal, dan biaya per transaksi yang harus ditanggung juga lebih besar. Dan semua industri perbankan ke depan arahnya akan ke sana. Apa yang dilakukan CIMB Niaga ini merupakan langkah yang sangat tepat.

Bagaimana menurut Anda? Ada yang perlu ditambahkan? Atau merasa ada bank lain yang lebih inovatif? Mari berbagi di sini.

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Operating Officer (COO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini