blogging-for-business2

6 Strategi Optimalisasi Website Tuhunugraha.com

Tanpa terasa saya sudah menulis di blog ini selama 5 bulan. Pada awalnya saya tidak menyangka saya akan bisa konsisten dan punya napas cukup panjang. Semuanya mengalir begitu saja, saya semakin bersemangat menulis karena ternyata beberapa orang mereka merasa sangat senang membaca blog ini. Ini seperti pemompa semangat saya untuk terus menulis. Karena jujur saja untuk terus menulis secara konsisten  butuh energi yang banyak, dan harus meluangkan waktu di tengah berbagai kesibukan.

Setelah berjalan beberapa bulan, saya melihat ada 6 strategi yang dicoba dan eksperimen yang ternyata berdampak positif terhadap trafik ke blog, dan juga tujuan akhir yaitu untuk branding baik itu Upnormals Pingfans, atau pun saya pribadi sebagai seorang ahli dan trainer di digital dan social media.

Apa saja strategi digital yang sudah dilakukan untuk optimalisasi?

Optimalisasi internal link untuk Search Engine Optimization (SEO), dan cross selling trafik ke berbagai artikel sebelumnya

Saya mendapat ide dari berbagai portal berita dan blog-blog ternama di luar negeri, mereka selalu memberikan link ke artikel yang terkait dengan artikel yang sedang ditulis. Saya yakin secara tidak langsung, ini  yang menyebabkan di mesin pencari Google blog saya yang masih  baru, terus melaju rankingnya di hasil pencarian. Dan saya duga,  ini berkontribusi meningkatkan page views.

Sub Judul & Penulisan yang Ringkas Karena Audiens Digital Hanya Scanning

Saya mempelajari strategi Hipwee ataupun Buzz Feed yang selalu membuat sub judul di artikelnya yang akan memudahkan para pembaca digital yang tidak benar-benar membaca, tapi hanya membaca sekilas. Dan tidak punya waktu dan tenaga untuk membaca tulisan yang terlalu panjang.

Mengamati Konten Apa Yang Paling Tinggi Trafik Dan Jumlah Share

Saya secara rutin selalu data Google Analytics dari blog ini, untuk mengamati pergerakan setiap tulisan yang saya buat, seberapa besar respon dan ketertarikan pembaca. Dari artikel yang paling banyak dibaca, saya bisa melihat perilaku pembaca paling tertarik dengan tema apa. Dari pengamatan selama ini, yang paling banyak dibaca yang berkaitan dengan isu yang sedang hangat saat itu, kedua, konten yang bersifat tips. Tips akan terus bergerak secara organik jumlah pengunjungnya, karena akan selalu relevan dan dibutuhkan.

Promosi Website Terintegrasi di Berbagai Kanal Online dan Offline

Saya belajar bahwa integrasi promosi itu sangat penting, apalagi promosi website ini organik. Oleh karena itu, promosinya terintegrasi di semua profil social media yang saya miliki (Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, Slideshare) pasti mencantumkan alamat website, signature email , bahkan disetiap materi presentasi, saya selalu menampilkan juga alamat website.

Dan karena website ini tujuannya adalah untuk mempromosikan saya sebagai trainer, dan juga Upnormals Pingfans, maka selalu ada footnote terkait website Pingfans, dan buku yang sudah saya terbitkan. Jadi semua saling terhubung, terintegrasi dan cross promo.

Promosi Tulisan ke Komunitas yang Relevan Efektif Mendatangkan Trafik dan Share

Setiap kali saya menulis. maka saya akan share di social media, dan juga share ke grup Whats App atau Grup Facebook yang relevan. Karena bila kita share di tempat yang relevan, maka tanggapannya akan sangat positi,f dan langsung mendongkrak trafik yang tinggi. Karena para pembaca akan dengan senang hati share ke tempat lain, karena dianggap bermanfaat.

 

Chief Executive Officer (CEO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini