data

Strategi Akuisisi Database di Situs Web Properti

Apabila kita bicara strategi digital perusahaan properti kaitannya dengan situs web maka hampir pasti semuanya akan bilang sales atau penjualan. Penjualan tentunya tergantung jenis properti yang dimiliki, bisa jadi artinya ada mendapatkan penyewa atau pembeli.

Anda mesti mempunyai strategi yang jelas, dan tepat sasaran apabila tujuan utamanya adalah akuisisi database yang tujuan akhirnya bisa dikonversi menjadi pembelian. Karena hal mendasar yang perlu dipahami pembelian properti tidaklah instan, calon konsumen butuh waktu untuk mencari informasi, baru memutuskan pembelian. Oleh karena itu jangan biarkan mereka hanya mampir ke situs web Anda tanpa jejak yang bisa di follow up kemudian hari.

Baca Juga: 3 Informasi Penting ZMOT di Industri Properti

Ada dua strategi untuk mengakuisisi database calon konsumen. Strategi pertama dan ini yang harus ditonjolkan, strategi aktif jemput bola. Dalam artian, ketika mereka masuk di website langsung sodorkan formulir untuk memasukkan data mereka agar bisa kita hubungi.

Kasih beberapa pilihan kanal di mana mereka merasa lebih nyaman untuk dihubungi, untuk bertanya lebih banyak mengenai produk, atau hal lainnya. Ini saya lihat jarang sekali ada di situ web perusahaan properti, kalaupun ada sering kali ada di halaman dalam yang sulit dijangkau oleh audiens. Seharusnya halaman formulir ini ada di halaman depan, sehingga akan memudahkan mereka untuk minta dihubungi.

Strategi kedua, cantumkan juga kontak yang bisa dihubungi. Karena mungkin beberapa orang lebih suka proaktif untuk menghubungi. Karena mereka enggan untuk menjawab e-mail atau telpon dari orang yang tidak dikenal. Alternatif kontak yang dicantumkan sebaiknya juga disesuaikan dengan profil calon konsumennya.

Paling standar ada nomor kontak nomor telpon kantor atau HP, serta e-mail. Berikutnya nomor kontak WhatsApp (WA) apabila segmen yang ditarget adalah para professional dan pekerja. Apabila Anda mentarget ibu-ibu atau segmen kelas menengah ke bawah, kontak BlackBerry Messenger (BBM) sangat disarankan karena di segmen ini BBM masih sangat popular. Jangan salah jumlah pengguna BBM di seluruh Indonesia jumlahnya masih tertinggi dibandingkan aplikasi messenger lainnya, data terakhir di 2016 penggunanya sekitar 60 juta, sementara WA cuma 40 juta.

Baca Juga: Strategi Website Untuk Industri Properti

Informasi kontak yang bisa dihubungi langsung ditulis di bagian atas pojok sebelah kanan. Karena area itu adalah area paling strategis, sesuai dengan pola orang membaca di web, yaitu dari atas sebelah kiri lalu ke kanan. Sangat tidak disarankan, informasi kontak tersembunyi di dalam sub menu, di mana orang harus mengklik menunya. Karena audiens mempunyai toleransi waktu hanya lima detik untuk mencari informasi yang dicari, kalau tidak menemukannya maka dia akan langsung pergi.

Apakah Anda punya pengalaman lain? Mari berbagi di sini

 

Chief Executive Officer (CEO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini