screenshot_1

7 Video Promosi Universitas dan Promosi Pendidikan yang Out of The Box

Pendidikan saat ini sudah menjadi industri, berbagai negara terutama di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, Australia dan Selandia Baru melakukan berbagai macam promosi untuk menarik mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Kebetulan sekali saya akan memberikan training tentang online video ke tim Nuffic Neso, sebagai perwakilan dari pemerintah Belanda mempromosikan industri pendidikannya.

Lalu saya tercengang dengan berbagai video promosi universitas atau video promosi pendidikan suatu negara, yang ternyata bisa sangat inovatif, out of the box dan menekankan Unique Selling Point (USP) masing-masing, untuk menjaring tipe mahasiswa yang berbeda. Mereka ingin menggarap segmen yang berbeda.

Baca juga: Tujuan Online Video dalam Kerangka Pemasaran Digital

Dari berbagai youtube channel universitas terkemuka di dunia, dan juga pusat promosi edukasi berbagai negara dari Selandia Baru, Australia, Jepang, Korea, Inggris, Belanda, Kanada, Amerika Serikat dll, berikut  video yang menurut saya inovatif, dan efektif menarik generasi milenial untuk belajar di sana.

Universitas Melbourne yang menggabungkan sains dan imajinasi, perpaduan otak kanan dan kiri

Ini video yang sangat out of the box untuk jualan sebuah kampus, dan harus diakui mencuri perhatian terutama generasi milenial.

Cambridge yang elegan dan berwibawa, buat mereka yang shopisticated dan serius belajar

Memilih kampus saya yakin ada banyak faktor, selain prestise nama kampus dan alumni. Suasana dan lingkungan kampus yang nyaman menjadi salah satu pertimbangan. Cambridge tahu aset mereka yang satu ini, dan membuat video time lapse yang sangat indah

Oxford bukan cuma untuk kaum aristokrat, ini adalah kampus yang inklusif 

Video testimonial ini sepertinya sederhana, tapi menginspirasi karena menunjukkan bahwa Oxford itu inklusif. Mereka sangat welcome walaupun kamu berasal dari kalangan tidak mampu. Karena definisi “state school”di UK adalah sekolah gratis yang disediakan oleh pemerintah.

UNSW adalah kampus yang inovatif dan tidak membosankan, mereka bisa menjelaskan sains yang rumit dengan animasi

Ini adalah ide yang seru dan cocok untuk generasi milenial yang suka dengan sesuatu yang lebih light dan mudah dipahami. Pernah terbayang wonder woman bergelar PHD? Mungkin bisa bertemu di UNSW Sidney.

Harvard mengukuhkan dirinya sebagai tempat belajarnya orang-orang paling ambisius dan brilian di dunia

Tidak percaya? Coba cermati baik-baik video ini berikut ekspresinya. Kamu kah yang mereka cari?

Mari belajar sekaligus jalan-jalan dan menikmati alam yang cantik, yang jadi impian generasi milenial

You only life once (YOLO) makanya belajar itu lebih seru kalau penuh dengan pengalaman seru langsung di lapangan. Sepertinya ini yang dijanjikan Universitas British Columbia Kanada

Belajar menjadi diri sendiri, dan menikmati proses belajar, discover NEW YOU in New Zealand

Video ini sangat menyentuh, karena dia bilang di New Zealand dia diajarin untuk menjadi yang terbaik dari yang kita bisa, sementara di Jerman harus jadi terbaik berdasarkan standar keilmuan.

New York University (NYU) kampusnya anak pinter dan harus stylish, yang lain minggir

NYU terkenal sebagai kampusnya orang-orang kaya yang pintar, tapi juga harus stylish. Karena ini bukan Harvard, kamu harus pintar sekaligus gahulll ala New Yorker. Bayangkan mereka rutin bikin video #nyustyle di setiap musim. Kamu harus ke kampus seperti mau fashion show. Dan mereka bangga akan hal ini!!!

Video ini masih kurang meyakinkan mereka sebagai kampusnya anak gaul? Bagaimana dengan video bajak snap chat oleh mahasiswa ini?

Dari berbagai kampus ini, mana yang karakternya paling sesuai dengan kamu? Saya sepertinya akan terinspirasi untuk kuliah di NYU yang paling pas karakternya. Pilihan kedua adalah British Columbia.

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer (CEO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini