social-media-predictions11

Social Media Trend 2017

Di penghujung tahun yang lalu, tepatnya tanggal 30 Desember saya diundang sebagai pembicara di Friday Talk membahas tentang tren media sosial di 2017. Topik mengenai prediksi tren selalu jadi topik menarik, dan dinanti banyak orang, karena itu  saya share di sini. Apa saja high light terkait ini? Saya melakukan riset berbagai prediksi para ahli di seluruh dunia terkait digital 2017, dan menyarikan apa kesamaan dari opini mereka. Apa saja tren 2017?

Konten video akan makin bersinar dan menjadi standar di media sosial

Kalau kita lihat di 2016 terlihat jelas konten video mendominasi. Dulu yang jadi idola adalah Twitter Buzzer, maka tahun ini yang membuat jagat internet Indonesia heboh adalah fenomena Youtuber. Coba tengok 10 video Youtube yang paling banyak ditonton di Indonesia 2016. 80% diantaranya adalah video yang dibuat oleh Youtuber, selengkapnya bisa dibaca di sini. Bandingkan dengan data 2015, hanya 50% yang merupakan karya Youtuber. Sisanya didominasi oleh acara TV dan iklan. Selengkapnya baca di sini.

Mark Zuckenberg pun memprediksi pada 2018, 90% konten di media sosial juga akan berbasis video. Maka jangan heran kalau sekarang Facebook dan Instagram memunculkan fitur live streaming video.

Baca juga: 8 Video Iklan Indonesia Dengan Story Telling Menarik 2016

Live streaming video akan booming terutama via Facebook

Facebook yang dianggap beberapa orang beberapa tahun lalu akan mati, sepertinya akan kembali bangkit. Mereka selalu melakukan inovasi, yang terbaru adalah FB Live,  ini menaikkan kembali gairah audiens untuk menggunakan FB. Mengapa orang mau melakukan live streaming di FB? Karena audiensnya sudah banyak, jadi akan lebih mudah menarik perhatian dibandingkan platform baru di mana harus menarik audiens dulu.

FB Live banyak sekali dimanfaatkan, mulai dari kampanye brand sampai dengan kampanye politik di Indonesia. Di sisi lain, berbagai ahli digital dan media sosial di seluruh belahan dunia setuju FB Live sebagai salah satu tren mainstream di jagad digital 2017.

Baca Juga: 6 Curhat Para Pengelola Brand Terkait Digital Marketing

Artificial Intellegence (AI) untuk customer care di media sosial

Ini juga hal yang sangat menarik, kehadiran chat bot akan mengubah wajah customer care di media sosial. Dengan teknologi AI yang semakin canggih, customer care di media sosial pada level tertentu akan bisa digantikan oleh mesin. Tidak perlu lagi investasi ke admin media sosial yang banyak. Ini sepertinya sudah diterapkan SkyScanner dan di Indonesia Sale Stock Indonesia. Anda yang bekerja sebagai admin di media sosial mungkin perlu segera bersiap melakukan lompatan, sebelum pekerjaannya digantikan oleh mesin. Segera pikirkan keahlian lain yang lebih punya nilai tambah, dan tidak bisa digantikan dengan mesin.

Ingin lebih lengkap bisa menyimak talk show Friday Talk kemarin di link berikut:

https://m.vidio.com/watch/558047-friday-talk-tuhu-nugraha-trainer-digital-marketing-no-1

social-media-tren

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer (CEO) Upnormals Pingfans

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”

Unduh e-book GRATIS di sini