fintech_4

Fintech di Indonesia yang Menyasar Kelas Menengah Bawah

Sebelumnya saya membahas juga tentang Fintech terkait kelas menengah bawah, pasar yang seksi sekaligus menantang karena banyak hambatan. Lalu apa saja Fintech yang menyasar segmen ini di Indonesia. Ini beberapa yang saya tahu, berdasarkan data dari Fintech Indonesia.

Mekar, fintech Peer to Peer untuk memberikan kredit modal usaha ke usaha mikro

mekar

Ini fintech yang sudah ada sejak lama sebelum tren Fintech menggema di Indonesia. Mereka menjadi penghubung antara pemilik modal dan usaha mikro terutama sektor informal yang membutuhkan modal usaha.

Amartha, kompetitor langsung dari Mekar menyasar segmen yang sama

amartha

Secara model bisnis sama seperti Mekar, namun data terkini terlihat peminjam yang butuh pendanaan lebih beragam, mulai dari pedagang gorengan, kripik singkong dll.

Cicil, fintech dengan konsep unik fokus menyasar mahasiswa yang mau kredit barang

cicil

Cicil menyasar mahasiswa yang duitnya pas-pasan untuk bisa membeli produk impian di ecommerce dengan sistem nyicil. Mereka memanfaatkan peluang mahasiswa sebagian besar belum memenuhi syarat punya Kartu Kredit.

Uang Teman, fintech dengan konsep meminjam uang dalam jangka waktu pendek

uang-teman

Uang teman adalah tempat meminjam uang dengan jumlah yang tidak besar (maksimal 3 juta), dan dalam jangka waktu yang pendek.

Tunaiku, semacam KTA versi online ngga pake ribet

tunaiku

Tunaiku memberikan pinjaman untuk individu atau kebutuhan usaha dengan jumlah pinjaman lebih besar dari Uang Teman, plafon pinjaman bisa mencapai 10 juta, dan cicilan hingga 1 tahun.

Ruma, fintech dengan misi sosial memberdayakan kelas menengah bawah di urban dan rural

ruma

Ruma fokus mengembangkan jejaring agen penjual di kelas menengah bawah, membuat katalog, dan menjual berbagai kebutuhan rumah tangga. Dari sana mereka kemudian juga mengembangkan analisis big data, bagi perusahaan yang membutuhkan.

Arisan Mapan, pengembangan dari Ruma. Fintech dengan konsep kredit produk rumah tangga versi online

arisan-mapan

Arisan barang dan kredit barang semacam panci, kursi, lemari dll sudah sangat umum di kalangan ibu-ibu, biasanya ini dilakukan dalam grup-grup arisan. Arisan Mapan membuatnya menjadi online, jadi lebih lintas batas geografis.

Ada lagi yang belum tercakup di sini? Yuk bantu share ya

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer(CEO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATIS di sini