mobile-payments-market-analysis

4 Tren Besar Fintech, Mana yang Sudah Menjamur di Indonesia?

fintech-trend

Kalau melihat gambaran besar di atas, yang saya ambil dari sebuah blue print Fintech Belanda, maka terlihat ada empat bagian besar yang mengalami disrupsi di industri finansial. Yaitu simpanan, pinjaman, investasi dan pembayaran.

Baca Juga:Industri Yang Paling Terancam Disrupsi Digital di Indonesia

Lalu dari empat diatas mana yang sudah mulai tumbuh pesat layanannya di Indonesia? Walaupun saya melihat, saat ini Fintech di Indonesia masih dalam tahap sangat awal. Kalau saya melihat yang terjadi saat ini yang sudah berkembang baru di dua kategori. Kategori pertama adalah pinjaman, di sini ada beberapa layanan yang sudah menjajal peruntungannya seperti kredivo, uang teman, mekar, amartha dll.

Baca Juga:Mengapa Fintech Akan Menjadi Tren Berikutnya di Indonesia?

Kategori kedua, adalah sistem pembayaran digital yang lebih riuh rendah misalnya Gopay, Grabpay, T-cash, rekening ponsel, jenius dll. Mengapa dua kategori ini yang tumbuh paling pesat? Karena semua ingin menyasar pasar yang sangat seksi dan sangat luas, yaitu masyarakat yang belum mengenal bank. Di sisi lain belum ada sistem pembayaran yang dominan di Indonesia, karena karakternya sangat unik. Jumlah pengguna kartu kredit masih sangat rendah, sebagian besar transaksi juga masih menggunakan uang tunai.

Baca Juga:4 Tantangan Fintech Yang Menyasar Kelas Menengah Bawah

Bagaimana menurut Anda?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer(CEO) Upnormals Pingfans

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATIS di sini