startup-founder

3 Bahan Dasar Suksesnya Fintech, Apa yang Paling Penting?

Hari ini senang sekali bisa datang ke acara Finlab Launchpad , sebuah program untuk menjaring start up Fintech yang diikutsertakan dalam program inkubasi start up khusus Fintech yang dikelola oleh UOB bekerjasama dengan pemerintah Singapura.

Baca Juga:4 Tren Besar Fintech, Mana yang Sudah Menjamur di Indonesia?

Satu pelajaran menarik yang saya ingat dari presentasi mereka adalah, ada 3 hal bahan dasar yang menentukan kesuksesan Fintech.

Ide yang cemerlang, akan membawa secercah harapan

Fintech yang dibuat harus memberikan solusi ke konsumen, dan memang dibutuhkan. Karena dengan ini maka akan ide itu bisa dieksekusi, dan akan berkembang.

Model Bisnis yang keren akan membuat keberlangsungan Fintech lebih meyakinkan

Dengan jelas dan gamblang Managing Director Finlab mengatakan, Fintech dibuat untuk menghasilkan uang dan profit. Kalau hanya mengharapkan kucuran dana, maka lupakan saja. Model bisnisnya harus jelas, dan bisa membayangkan visinya menghasilkan uangnya seperti apa.

Pada akhirnya tim founder yang handal yang MENENTUKAN

Hal yang paling menohok adalah, bahan dasar pertama dan kedua masih bisa diusahakan, dan diubah dalam perjalanan mentoring. Tapi yang sangat menentukan adalah tim yang terlibat. Apakah para founder mempunyai kemampuan untuk mendengar, dan menerima masukan dari orang lain, terutama dari mentor. Atau mereka hanya mau mendengar mimpinya sendiri.

Karena selama ini memang melihat, banyak sekali start up founder yang merasa idenya, yang paling keren. Apa yang dihasilkan ini adalah bayinya yang paling keren dan cantik, tidak boleh diubah. Dan seperti sesi yang dipresentasikan tadi, mereka yang tak mau berubah akan gagal.

Baca Juga:Pembelajaran Menarik Saat Ikut Fintech Festival

Sebuah presentasi, dan berbagi pengalaman yang menurut saya sangat menarik. Setuju?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer (CEO) Upnormals Pingfans

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATIS di sini