startup

#BookReview: Traction How Any Startup Can Achieve Explosive Customer Growth

Setelah sebelumnyamembaca buku Growth Hacker Marketing, untuk memahami lebih dalam bagaimana mendapatkan lebih banyak database pengguna dan konsumen di awal pendirian startu, saya membaca buku ini dengan mengunduhnya di Kindle.

traction

Buku ini penuh dengan tips praktis, yang ditulis dengan sangat komprehensif karena menggabungkan pengalaman penulisnya sebagai pendiri DuckDuckGo, sebuah mesin pencari, dan riset viawawancara dari berbagai pendiri startup.

Satu hal yang paling diingat dari buku ini. Tips ketika pertama kali membangun startup digital, harus menggunakan hukum 50%:50%. Artinya 50% waktu digunakan untuk membuat, dan mengembangkan produk, dan 50% waktu sisanya memikirkan strategi untuk merekrut pengguna.

Kanal atau metode apa yang paling cocok? Ini harus ditemukan melalui brainstorming, lalu percobaan dan analisis. Ketika kita misalnya punya ide 10 kanal yang efektif untuk produk yang kita bangun. Maka kita bisa mencoba 10 kanal tersebut, lalu melakukan analisa, mana yang paling efektif untuk dilanjutkan, dan yang tidak efektif dihentikan.

Lalu apa saja kanal-kanal yang bisa digunakan untuk mendapatkan database dan konsumen. Buku ini membaginya menjadi 19 kategori kanal:

  1. Blog,
  2. Publisitas,
  3. PR Non Konvensional,
  4. Search Engine Marketing,
  5. Social & Display Ads,
  6. Iklan Offline,
  7. Search Engine Optimization,
  8. Content Marketing,
  9. Email Marketing,
  10. Viral Marketing
  11. Engineering as Marketing,
  12. Business Development,
  13. Sales,
  14. Affiliate Marketing,
  15. Existing Platform,
  16. Pameran Produk,
  17. Event Offline,
  18. Menjadi Pembicara,
  19. Komunitas.

Bagi saya, pemetaanini memudahkan bagi pendiri Startup untuk memetakan, dan memilih kanal mana yang paling sesuai. Kebetulan saya menjadi advisor dari Okupo, sebuah Fintech yang akan segera diluncurkan, saya juga menjadi konsultan dan trainer dari beberapa inkubator start up.

Pemetaan ini,memudahkan bagi saya untuk membuat check list, mana saja yang sepertinya logis untuk dicoba, berdasarkan karakter layanan dan produk yang dimiliki. Karena terkadang kita hanya mencoba kanal yang kita sangat tahu dan ahli, padahal bisa jadi ada kanal lain yang lebih efektif tapi kita masih asing.

Dalam memilih kanal yang sesuai, buku ini juga memberikan berbagai petunjuk dan tips, misalnya ikut di Pameran Produk sangat cocok untuk startup dengan konsumen B2B, di mana perlu interaksi langsung dengan calon konsumen.

Atau Search Engine Marketing dan Seearch Engine Optimization cocok untuk produk di mana konsumen proaktif mencari solusi dan produk terkait yang relevan dengan yang kita miliki.

Buku ini sangat relevan untuk dibaca bagi mereka yang bermimpi membuat startup, atau ingin memahami dunia startup.

Baca Juga: 5 Buku Yang Direkomendasikan Untuk Memahami Transformasi & Disrupsi Digital

Apakah Anda juga sudah membaca? Ditunggu dikolom komentar review buku ini.

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer (CEO) Upnormals Pingfans

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATIS di sini