p1150038

5 Pelajaran SOYJOY Intimate Concert Tulus

Sabtu minggu lalu tanggal 27 Januari 2018, saya mendapatkan undangan VIP nonton konser ini. Bagi saya yang menarik bukan soal konser Tulus, walau saya cukup suka dengan beberapa lagu Tulus karena suaranya yang khas, dan musiknya yang bagus.

Tapi saya lebih penasaran untuk mengetahui, pelajaran apa dan pengalaman apa yang saya bisa tarik dan pelajari dari event ini. Dan bagi saya pribadi, banyak pelajaran menarik, yang akan saya rangkum di bawah ini.

Pemasaran terintegrasi online dan offline

Saat ini dunia pemasaran mempunyai tantangan terbesar, touch point ke konsumen yang sangat banyak. Dari offline hingga ke online, pilihannya juga sangat beragam. SOYJOY membuat sebuah perjalanan kegiatan kampanye pemasaran yang menurut saya sangat terintegrasi. Di mulai dengan adanya web series perjalanan karir Tulus di dunia musik, dan bergaya hidup sehat. Lalu dilanjutkan dengan aktivasi penjualan di toko online, dan minimarket untuk mendapatkan tiket konser, dan hadiah lainnya. Lalu sebagai puncaknya adalah konser Tulus.

Kolaborasi yang seru antara brand dan artis yang sebenarnya

Selama konser Tulus bercerita sepenuh hati, bagaimana dia begitu antusias dengan proyek ini. Tulus terlibat langsung dan berkolaborasi dengan brand dalam membuat naskah videonya. Ini benar-benar sebuah proyek kerjasama. Bukan sekedar brand kontrak artis, lalu dibikin konser maka selesai.

Ceritanya akan berbeda jauh kalau pendekatannya hanya sekedar urusan profesional kontrak kerjaan. Karena sepanjang konser, karena Tulus terlibat langsung. Dia bisa bercerita dengan lebih meyakinkan, dan lebih dipercaya oleh penggemarnya, bahkan para tamu undangan lain yang hadir di acara ini.

Melihat Tulus nyanyi mungkin sering, tapi ini menawarkan pengalaman ekslusif dan intimasi itu yang langka dan dinanti

Keunikan konser ini justru terletak pada pengalaman eksklusif untuk berinteraksi dengan Tulus, dalam sebuah konser yang sangat terbatas. Dengan konsep yang sepertinya juga dipikirkan bersama dengan Tulus, bagaimana sebuah konser impian versi dia. Karena berulang kali Tulus menyatakan, dia lebih suka panggung yang tak berjarak dengan penonton.

Konser ini memberikan sebuah pengalaman, sesuatu yang selalu dikejar oleh generasi milenial. Dan tentunya akan menjadi buah bibir di kalangan mereka. Bayangkan histeria para fans, ketika Tulus membuat kuis, dengan duduk lesehan berhadapan dengan para fansnya.

soyjoy-2

Atau ketika tetiba dia muncul ke panggung, dari belakang diantara kerumunan penonton. Ini sebuah konser penuh intimasi sesuai yang dijanjikan.

soyjoy-4

Softselling menyampaikan pesan brand, dan meluncurkan SOYJOY Crispy

Sepanjang konser, Tulus sambil bercerita kilas balik perjalanan hidup sehat versinya. Dan tentu saja itu adalah sisipan pesan SOYJOY, tapi dikemas dengan sangat halus dan menarik. Cara beriklan yang sangat menghibur, pendekatan yang paling pas untuk menggarap generasi milenial.

Bahkan ada momen Tulus makan SOYJOY Crispy di atas panggung, lalu menyanyikan lagu berikutnya, sambil mengajak seluruh penonton mencoba SOYJOY Crispy yang sudah dibagikan. Tapi sekali lagi, Tulus berhasil menggiring dengan sangat mulus, bukan semacam sedang beriklan.

soyjoy

Ini bukan hanya sekedar aktivasi, tapi dikaitkan dengan penjualan sejak awal

Hal yang juga menarik adalah, kegiatan ini dibalut dengan program jualan. Mulai dari paket pembelian untuk bisa mendapatkan tiket konser, hingga pre-order SOYJOY Crispy di JD.ID di venue konser. Ini sebuah hal yang menarik untuk dimati, dan bisa dimodifikasi diaktivasi brand-brand lainnya.

soyjoy-5

Bagaimana menurut Anda? Apakah ini sesuatu yang baru?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.