blogging

9 Ide Model Bisnis Bagi Blogger

Beberapa waktu lalu ketika diundang sebagai salah satu pembicara di ulang tahun Blogger Crony.Saya terpikir ide, mengapa tidak menulis tentang ini. Apalagi setelah berbicara panjang lebar dengan para blogger dan foundernya, ada banyak tantangan mengenai eksistensi para blogger. Dan salah satu tantangan yang perlu diedukasi ke blogger adalah, bagaimana menciptakan model bisnis, atau bahasa mudahnya mempunyai nilai tambah, sehingga bisa menghasilkan penghasilan, dan bisa menjadikan blogger sebagai pekerjaan profesional.

Baca Juga:Tantangan Selebritis Online & Tips Mengelolanya

Paid Review, menulis tulisan dengan pesan berbayar

Ini sepertinya hal yang paling populer dan paling sering dilakukan oleh para blogger. Blognya yang punya banyak penggemar, dan pembaca setia lalu diminta untuk mengulas sebuah produk atau jasa lalu dibayar per tulisan. Ini tentu saja hal yang sangat menarik, dan memberikan nilai tambah, karena brand butuh konten positif tentang produk atau jasanya sehingga calon konsumennya teryakinkan, saat melakukan riset sebelum pembelian, atau bahasa kerennya dikenal sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT)

Lapak iklan dan Google Adsense

Ini juga hal yang sangat populer dilakukan, menyediakan ruang di blog menjadi tempat beriklan. Blogger yang sudah ternama biasanya menyediakan rate card sendiri, atau bergabung dengan Google Adsense untuk menyediakan ruang di blognya untuk beriklan. Namun beberapa blogger ternama di luar negeri, tidak menyarankan ini. Apabila Anda ingin menggunakan blog sebagai sarana personal branding, adanya iklan akan menurunkan kredibilitas. Iklansering kali penuh dan mengganggu, serta tidak bisa dikontrol, apalagi kalau tergabung di adsense. Lebih merusak lagi, jika iklannya tidak terkait dengan konten blog. Misalnya kontennya tentang manajemen perusahaan, lalu iklannya tentang alat masak. Ini akan menurunkan legitimasi blog.

Pembicara ahli di bidangnya

Seorang penulis yang konsisten dengan topik tertentu, misalnya saya sebagai penulis khusus terkait digital, akan lebih mudah untuk memulai karir sebagai pembicara. Mengapa? Karena blog akan menjadi portofolio yang memberikan legitimasi, bahwa Anda punya otoritas dan keahlian di bidan tersebut. Oleh karena itu blogger, yang ingin membangun model bisnis, harus punya kemampuan public speaking. Contoh lain yang menarik yang menjadi panutan saya sejak pertama masuk industri digital adalah Brian Solis, dia blogger yang kemudian menjadi salah satu ikon di industri digital, dan sering mengisi berbagai seminar, dan saat ini juga menjadi seorang konsultan.

Konsultan

Ini juga model bisnis lainnya yang bisa dilakukan bila Anda memulai sebagai seorang blogger, dengan kompetensi dan pemahaman yang spesifik akan sesuatu bidang, Anda bisa jadi konsultan mulai dari pariwisata sampai dengan konsultan digital, atau SDM dll.

Salah satu yang saya kenal sebagai blogger profesional, dan menjalani karir sebagai konsultan dari portofolio blognya adalah Yodya Antariksa dengan blog strategi manajemen.

Monetisasi Backlink

Ini model bisnis yang juga bisa dipilih dan dilakukan, dengan makin banyak bisnis yang sadar akan pentingnya digital, dan mengerti pentingnya SEO, maka akan banyak yang ingin mencari backlink ke situs web yang cukup ramai pengunjung, sehingga akan mendongkrak situsnya. Bahkan saya pernah mendengar ada yang mematok harga hingga jutaan rupiah untuk satu backlink, karena bisa mendongkrak penjualan berorientasi ekspor.

Membuat produk dengan label sendiri

Apabila Anda seorang blogger yang fokus mengulas produk tertentu Anda bisa memanfaatkan momentum ini untuk membuat produk dengan label sendiri. Ini sudah banyak dilakukan oleh blogger fashion, dan juga kosmetik. Misalnya Lizzie Parra, dari blog yang konsisten membahas kosmetik akhirnya mengeluarkan produknya sendiri BLP.

Penulis Buku dan E-book

Bermula hanya dari blog, bisa merambah menjadi penulis buku. Ini yang dilakukan oleh Miss Jinjing, atau Trinity, dari sana personal brandingnya makin kuat, dan mendapatkan keuntungan yang lumayan, apabila bukunya menjadi best seller.

Blogger Talent Management

Apabila Anda suka berkomunitas, dan mengedukasi tak ada salahnya menjadi manajemen bakat-bakat baru blogger. Fokus utamanya adalah memoles dan mengembangkan kompetensi blogger yang masih baru, lalu “memasarkan” mereka untuk menjadi partner ke brand dll.

EO Kegiatan Blogger

Banyak sekali brand yang saat ini ingin menggandeng blogger untuk bisa meliput acaranya, atau mereview produknya dll. Ini bisa menjadi kesempatan emas, untuk membuat acara mengumpulkan para blogger dan membantu brand atau agency dengan merumuskan konsep acara yang menarik bagi blogger. Intinya tugasnya seperti PR agency, bagaimana acara itu juga punya nilai berita, jadi tulisan yang dibuat juga akan menarik, bukan semacam tulisan berbayar yang tidak ada nilai tambahnya bagi pembaca.

Pertanyaannya, apakah seorang blogger hanya boleh mengambil model bisnis? Tentu tidak, blogger bisa mengkombinasikan beberapa model bisnis sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, dan area fokus mana yang mau dikembangkan. Ada ide model bisnis lainnya? Ayo kita diskusi, ditunggu di kolom komentar.

Baca Juga:Pembelajaran Untuk Digital Influencers Agar Tidak Terperosok Seperti Broddie

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.