blogging

#BookReview: The Million Dollar Blog, 6 Strategi Jadi Blogger Profesional

blog-book

Saya sangat ingat pertama kali menemukan buku ini ketika menunggu pesawat di bandara Yogya, lalu mencatat untuk suatu saat membeli, dan membaca via Kindle. Akhirnya beberapa hari yang lalu, kesampaian baca, dan ini lebih dari yang diduga. Buku yang sangat mencerahkan, dan banyak sekali masukan-masukan, untuk melihat gambaran lebih besar tentang dunia blogger, dan potensi industrinya.

Apalagi setelah bertemu dengan komunitas Blogger Crony kemarin, dan bertemu dengan banyak blogger di Indonesia di acara itu, saya rasa buku ini wajib dibaca agar industrinya lebih matang di Indonesia, seperti halnya yang sudah terjadi di UK, di mana penulis buku ini berasal. Lalu apa saja pembelajaran menarik dari buku ini?

Temukan niche (pangsa pasar khusus) agar eksis dan diakui di audiensnya maka monetisasi akan mengikuti

Pelajaran pertama yang saya ingat adalah, kita harus menemukan niche dari blog kita. Kita tidak bisa hanya menulis hal-hal yang terlalu umum, mengapa? Karena akan tidak mudah diingat, dan sponsor atau brand yang mau bekerjasama pun akan melihat kita menjadi satu-satunya, dan tak bisa digantikan oleh yang lain. Untuk menentukan niche mana yang ingin diambil, harus melihat pertama passion kita apa? Lalu berapa banyak kompetitor serupa di hal ini? Kita bisa tampil beda dengan cara apa? Lalu yang terakhir, adakah pasar yang tertarik dengan tema ini.

Dalam buku ini ada beberapa contoh blogger yang menarik, misalnya blog yang khusus membahas konsep pernikahan alternatif yang ngga biasa. Atau fashion blogger yang hanya membahas produk-produk kelas atas. Sangat sempit? Pastinya. Tapi mereka justru diburu oleh brand-brand yang menyasar segmen ini.

Setiap blogger akan mengalami masa sulit belum ada pembaca setia, dan butuh waktu untuk dikenal

Kalau Anda frustasi menulis panjang lebar, tapi tak ada yang berkunjung dan sepi respon. Anda sebenarnya tidak sendiri, blogger-blogger ternama di UK pun pernah mengalami hal yang sama di awal-awal. Beberapa bahkan butuh beberapa tahun, untuk bisa mencapai trafik yang tinggi, dan akhirnya menghasilkan uang.

Terus menerus melakukan inovasi konten, desain dll

Blog yang dibuat harus terus menerus melakukan inovasi, bukan hanya sekedar membuat konten. Misalnya melakukan perubahan desain blog, menambahkan foto, sketsa, infografis dll. Atau bisa juga melakukan ekspansi dengan mencoba membuat video dll.

Menulislah seperti berbicara, jangan takut membuat opini karena blog berbeda dengan media

Keunggulan dari blog justru sudut pandang yang lebih personal, jadi jangan takut untuk punya opini dan sudut pandang yang berbeda. Menulislah seperti sedang berbicara begitu tipsnya. Jadi apalagi yang ditakutkan?

Ada banyak cara untuk menggali ide, sehingga tak akan kehabisan ide tulisan di niche topik kita

Topik yang ditulis bisa dimulai dari pertanyaan yang diajukan oleh pembaca, atau komunitas. Kita bisa menggali topik apa yang sedang hangat dengan menganalisa data di Google Trend. Karena ini selain memberikan ide tulisan, juga akan membuat blog kita lebih optimal di mesin pencari.

Model bisnis yang sangat beragam dari seorang blogger

Seperti yang juga pernah saya tulis sebelumnya, buku ini pun membahas mengenai berbagai model bisnis yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang. Misalnya menjadi penulis buku, membuka kelas training, menjual training via online, menjual merchandise, jadi konsultan, bahkan beberapa jadi pembicara di radio dan televisi. Ada juga yang akhirnya membuat aplikasi berbayar. Ada begitu banyak ya, model bisnis yang bisa diraih, bukan hanya sekedar artikel berbayar.

Baca Juga:9 Ide Model Bisnis Bagi Blogger

Ada banyak hal lain yang bisa digali, kalau Anda seorang blogger atau mau menjadi blogger. Buku ini sangat direkomendasikan. Ada yang sudah membaca? Yuk bagi pengalamannya.

Baca Juga:Tantangan Selebritis Online & Tips Mengelolanya

Baca Juga:Valuasi Nilai Uang dari ROI Blog/Situs Web

Baca Juga:Return On Investment (ROI) Menulis Blog

Tuhu Nugraha Dewanto

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.