personal-brand

5 Blogger Niche dan Ternama di Bidangnya

Saya masih terngiang dengan beberapa komentar dari blogger, dan berbagai sesi lainnya tentang personal branding di digital kalau yang dibahas niche, atau topik yang spesifik dan sangat khusus. Saya yakin banyak yang kuatir, terlalu niche maka artinya peluangnya sangat sedikit. Padahal justru sebaliknya, semakin niche maka akan semakin dibutuhkan, dan mencuat ke permukaan.

Baca Juga:#BookReview: The Million Dollar Blog, 6 Strategi Jadi Blogger Profesional

Berikut beberapa contoh yang menarik, mereka membangun personal branding dengan topik yang sangat spesifik di blognya, dan menghasilkan uang dari berbagai model bisnis.

Jason Swenk, Fokus Menjadi “Dokter” Para Pemilik Agency

screenshot-jason-swenk

Ini blog yang menurut saya sangat niche, dan tidak membayangkan ada yang bisa fokus menulis dengan topik sangat niche seperti ini, dan ternyata masih bertahan dan sukses menjadi top of mind dari berbagai agency di seluruh dunia yang butuh insight dan ide-ide baru, mengembangkan agency di tengah persaingan yang sangat ketat.

Kita bisa intip, bisnis modelnya sangat beragam dari memberikan training, konsultasi, pembicara, sponsor dll.

Guy Kawasaki, Seorang Geeky yang Bisa Menembus Brand Ambassador Mercedez yang Prestisius

screenshot-guy

Guy Kawasaki memulai karir di Apple hingga kini menjadi investor di berbagai perusahaan startup, salah satunya Canva, pembicara yang sangat disegani, dan juga Brand Ambassador Mercedez yang sangat prestisius.

Guy Kawasaki juga penulis buku, dan masih rajin menulis blog innovation, enchantment, social media, evangelism and entrepreneurship.

Avinash Kaushik, Sang “Dewa” Analytics

screenshot-kaushik

Apa, menulis hanya soal Analytics? Yapppp betul, lebih tepatnya lebih banyak mengulik lebih mendalam mengenai Google Analytics. Walaupun temanya sangat spesifik, tulisannya sangat banyak dan sangat mendalam. Saya rasa semua yang ingin menjadi ahli terkait analytics akan menyebut nama dia sebagai referensi tempat belajar.

Model bisnisnya juga sangat beragam, mulai dari evagelist Google hingga penulis buku, dan pembicara di berbagai seminar dan kuliah umum.

Seth Godin, ahli pemasaran yang eksentrik dan tampil bedascreenshot-seth-godin

Seth Godin adalah pemikir dan penulis yang eksentrik, blognya masih terus aktif, dan menjadi referensi banyak orang yang ingin mencari ide-ide pemasaran yang inovatif. Seth Godin sudah menulis 18 buku, dan juga membuat beberapa startup digital.

Beth Kanter, Fokus pada Penggunaan Media Sosial untukKampanye Pemasaran Non Profit

screenshot-beth

Beth Kanter juga sangat unik, ketika banyak hingar bingar blog yang membahas mengenai media sosial. Beth memilih fokus pada tema spesifi yaitu pemanfaatan media sosial untuk non profit. Sebagai penulis blog, model bisnisnya juga sekarang sangat beragam, dan tetap konsisten terkait media sosial untuk non profit. Beth sudah menulis buku, trainer dan konsultan capacity building untuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan juga pembicara.

Menarik kan niche mereka? Apakah Anda terinspirasi untuuk mengangkat topik khusus dan fokus di sana?

Baca Juga:9 Ide Model Bisnis Bagi Blogger

Baca Juga:Return On Investment (ROI) Menulis Blog

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.