internet

7 Ide Pemanfaatan Internet Yang Produktif

Saya melihat di Indonesia saat ini, internet lebih banyak didominasi untuk hal-hal konsumtif dan tidak meningkatkan nilai tambah. Padahal sebenarnya internet, memberikan banyak peluang untuk meningkatkan potensi dan kompetensi, sampai dengan berjualan pastinya. Tapi selama ini, banyak potensi itu belum digali dengan maksimal.

Oleh karena itu di sini, saya akan memberikan beberapa ide pemanfaatan internet sehingga lebih optimal. Tips ini akan berguna bagi Anda yang ingin membangun personal branding, atau juga Anda yang ingin menjadi pengusaha.

Ide 1, memanfaatkan internet untuk menggali ide dan peluang dengan bergabung di berbagai komunitas dan forum

Internet merupakan wadah lintas negara yang membuat Anda bisa bertemu dengan berbagai komunitas. Dari komunitas yang tepat, Anda bisa menemukan berbagai ide, dan peluang bisnis yang tak terpikirkan sebelumnya. Oleh karena itu manfaatkan sebaik-baiknya peluang ini.

Anda akan lebih cepat dan jeli melihat peluang, ketika bertemu dengan ekosistem dan orang-orang yang tepat. Jadi manfaatkan kesempatan untuk belajar lintas batas, dan berdiskusi dengan berbagai orang dari berbagai belahan dunia.

Ide 2, membangun otoritas pada suatu bidang tertentu yang akan meingkatkan nilai tambah produk yang dijual atau personal branding

Internet ini media yang sangat tepat untuk Anda membangun otoritas. Anda bisa membangun otoritas di media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, blog dll. Konsisten membicarakan topik tertentu akan membuat Anda dikenal, dan diakui di bidang tersebut.

Otoritas ini penting bukan hanya ketika Anda ingin menjadi buzzer atau influencers, bahkan ketika Anda berjualan produk sekalipun maka akan menjadi nilai tambah. Karena orang percaya membeli dari orang yang memang ahlinya.

Misalnya Anda berjualan produk furnitur. Di media sosial Anda membuat blog yang membahas tentang tren furnitur, bahan-bahannya dll. Tentunya konsumen akan lebih percaya dengan Anda, dibandingkan tempat lain. Mengapa? Saat ini konsumen dibanjiri dengan terlalu banyak pilihan, oleh karena itu harus ada nilai tambah yang membuat kita jadi berbeda.

Ide 3, internet memungkinkan kita untuk membangun jejaring untuk mencari mentor, peluang bisnis, dan partner bisnis

Saya bertemu dengan banyak orang yang akhirnya bertemu dengan mentornya dengan dimulai dari sapaan di media sosial. Saya beberapa kali mendapatkan rekomendasi bisnis, dari pertemanan di grup chat.

Jadi banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan dari sini, untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu manfaatkan secara maksimal. Internet memberikan kesempatan bagi kita untuk berjejaring dengan sangat murah, dan lintas batas.

Apabila Anda harus datang ke berbagai acara, atau kumpul komunitas. Tentu biayanya akan lebih besar, Karena harus mengorbankan waktu menuju ke sana, belum lagi biaya pendaftaran, atau ongkos untuk ngafe dan ngopi ngopi dll. Jadi tunggu apalagi untuk memanfaatkan peluang ini?

Ide 4, mengamati pergerakan kompetitor yang langsung maupun tidak langsung

Hal lain yang seharusnya dilakukan adalah mengamati pergerakan kompetitor, baik yang langsung ataupun tidak langsung. Kita harus terus memantau apa yang dilakukan oleh kompetitor, sehingga selalu waspada untuk bisa selalu melakukan inovasi agar tidak terkalahkan di pasar.

Kelengahan mengamati pergerakan kompetitor menyebabkan kita terlempar dari pasar. Karena saat ini bahkan market leader yang sudah sangat besar sekalipun, bukan jaminan tak akan bisa dikalahkan.

Ide 5, riset konsumen sangat mudah dan murah dilakukan di internet

Saat ini eranya big data, banyak sekali jejak konsumen yang tertinggal di internet mulai dari lokasi check in, apa yang diupdate di media sosial, hingga situs web apa saja yang dikunjungi. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari tahu, apa yang diinginkan konsumen.

Apa impian konsumen? Apa yang mereka takutkan? Apa tren yang terbaru? Semuanya bisa diamati, dan jangan malas untuk melakukan riset. Cara paling sederhana bagi saya untuk riset konsumen adalah membaca media yang biasa mereka baca. Misalnya konsumennya suka baca line today, ya dibaca rutin konten di sana. Follow influencer yang menjadi idola mereka, lalu monitor percakapan konsumen terkait produk kita atau kata kunci di industri.

Hal ini contohnya bisa dilakukan dengan follow hashtag, yang saat ini sudah bisa dilakukan di Instagram bahkan LinkedIn.

Ide 6, internet adalah sumber tak terbatas untuk inovasi produk

Saya sering ketemu dengan beberapa UMKM, yang produknya itu-itu saja, dan begitu saja mulai dari kemasan sampai produk inti. Alasannya biaya riset dan menggali ide inovasi itu mahal. Apakah mereka lupa ada namanya internet? Mengapa tidak mengeksplorasi internet yang begitu luas untuk melakukan inovasi? Inovasi yang palings sederhana misalnya dengan mencari ide produk sejenis dari daerah lain, atau negara lain.

Ketika saya ketemu dengan UMKM pembuat tepung Mocaf di Pacitan, saya langsung kasih link ke mereka 50 lebih ide resep makanan dari tepung mocaf dari cookpad. Sederhana bukan? Kenapa banyak yang tidak terpikir? Inovasi juga bisa dilakukan dengan mengadopsi ide yang digunakan oleh industri lain, lalu dieksekusi di produk kita. Misalnya kemasan lucu dari kategori produk lain, diadopsi ke produk kita yang belum terpikirkan oleh kompetitor.

Ide 7, berjualan via online

Ini tentu saja yang sudah sering dilakukan, dan saat ini sedang tren. Jualan via online. Tapi ketika begitu banyak penjual via online, konsumen menjadi bingung. Oleh karena itu penting untuk tampil beda, dan mempunyai nilai tambah, sehingga memudahkan konsumen mengambil keputusan untuk memilih produk atau jasa kita.

Apakah ada ide lain pemanfaatan internet yang produktif? Yuk berbagi di kolom komentar.

 

Tuhu Nugraha

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.