screenshot-video-tokopedia

Iklan Ramadhan Paling Keren 2018

Ramadhan tahun ini sepertinyaRamadhan dengan video-video iklan yang sangat banyak, dan kualitas narasinya juga banyak yang menarik. Saya melihat ada perkembangan signifikan dibandingkan tahun lalu. Banyak brand yang berlomba membuat video iklan khusus di Ramadhan, hal ini sepertinya dipicu oleh kesuksesan Ramayana yang sudah mulai menghentak sejak Ramadhan 2016, dan hingga 2018 videonya tetap menjadi viral karena selalu ada kejutan.

Baca Juga:3 Alasan Ramadhan 2016 Akan Menjadi Ramadhan Era Digital Pertama

Video apa saja yang menarik menurut pengamatan saya di Ramadhan tahun ini? Definisi saya video yang menarik adalah, video yang menjadi perbincangan, cerita yang kuat, mengedukasi atau menghibur.

Pertama, video Ramayana yang heboh karena ibu-ibu yang muncul dari magic jar

Ramayana memang juara dalam menciptakan kejutan di setiap momen Ramadhan. Video iklannya selalu sukses jadi perbincangan dengan konsep yang out of the box. Video ini saja sudah ditonton 15 juta kali pada saat saya menulis blog ini.

Baca Juga:3 Makna Ramayana Dept Store Serius di Digital

Kedua, iklan Djarum selalu konsisten penuh makna, dan tema tahun ini kontekstual dengan kondisi masyarakat Indonesia

Saya melihat iklan ini menyiratkan konteks masyarakat Indonesia saat ini, yang terpecah dalam pertikaian sosial akibat situasi politik yang memanas. Djarum berhasil membuat kita sama-sama merenung, dan belajar untuk berjiwa besar meminta maaf, dan memaafkan.

Ketiga, Teh Botol Sosro membuat kita menghargai para “pahlawan” dibalik keriaan mudik Lebaran

Dibalik keriuhan mudik, dibalik kebahagiaan kita bisa bertemu dengan keluarga. Ada yang tak pulang, demi pulangnya kita. Sebuah pengingat yang indah, untuk menghargai mereka yang berkorban demi kebahagiaan para pemudik.

Keempat, Tokopedia sukses membuat terharu bicara tentang balas budi anak yang mengingat pengorbanan Ibunya

Sebuah cerita yang sebenarnya klise, tapi bisa dihadirkan dengan narasi cerita yang sederhana tapi dramatis. Tidak banyak mengeksploitasi kesedihan, tapi kita semua pasti akan terharu menontonnya.

Kelima, Matahari mengingatkan kembali tentang toleransi dan perbedaan

Jarang melihat video ini wara-wiri di media sosial saya atau pun di grup messenger. Video ini tak sengaja ketemu pas melakukan riset untuk tulisan ini. Video yang sangat menarik, sederhana tapi sebenarnya menjadi pengingat buat kita semua. Kadang karya seni, lebih mengena buat kita semua.

Keenam, Go-Jek menyentil tentang sebuah konsep yang abstrak menjadi menghibur

Pahala konsep yang sering didengar di bulan Ramadhan. Go-Jek selalu cerdas seperti video-videonya yang lain dalam memahami konsumen Indonesia, lalu mengemasnya menjadi sesuatu yang menghibur, dan relevan bagi audiens.

Ketujuh, Mylanta tampil beda dengan video edukasi pengingat akibat euforia Ramadhan yang berlebihan

Video ini keluar dari pakem video viral yang sering jadi perbincangan yaitu video yang dramatis sedih atau video humor. Video edukasi ini membuat kita tersadar, ada yang salah dalam kita merayakan Ramadhan, dan kadang kita tidak menyadarinya. Mylanta membuat orang terhenyak, lalu tergerak membagikannya di media sosial dan messenger.

Baca Juga:9 Video Iklan Indonesia Dengan Story Telling Menarik 2017

Apa video favoritmu? Adakah yang terlewat dari sini? Boleh berbagi di kolom komentar.

 

Tuhu Nugraha

Digital Strategy Expert & Trainer

Dosen Pasca Sarjana London School of Public Relations (LSPR) Jakarta

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini