growth_hack

#BookReview: “Growth Hacker Marketing: A Primer on the Future of PR, Marketing, and Advertising”

Kemarin saya baru selesai membaca buku ini. Buku yang sangat mencerahkan, walau bukunya sangat pendek, tapi studi kasus yang dibagikan, baik itu yang dilakukan sendiri oleh penulisnya, atau pun dari berbagai perusahaan lain, sangat layak disimak &dipelajari.

growth-hacker marketing

Buku ini memberikan sebuah peringatan, ke depan kompetensi pemasar konvensional tidak laku dan tidak relevan lagi. Karena pemasar bukan lagi bicara tentang bagaimana mengalokasikan budget untuk memasang iklan, billboard, dll.

Tapi lebih menggunakan media-media non konvensional, dan out of the box. Satu hal yang paling penting, ini dilakukan melalui proses trial & error di internal perusahaan. Di mana tim pengembangan produk, dan tim pemasar harus ada dalam satu bagian.

Pendekatan ini menurut saya sangat cocok, terutama untuk produk-produk yang berbasis digital. Buku yang sangat direkomendasikan terutama bagi founder start up digital. Di mana yang utama harus dilakukan adalah, bagaimana proses awareness hingga akusisi pelanggan bisa dilakukan dalam satu kali proses.

Ryan Holiday penulis buku ini, membagi proses growth hacking menjadi empat bagian. Pertama adalah pengembangan produk, kedua menemukan growth hack, ketiga strategi menjadi viral, dan keempat retensi konsumen.

Berbeda dengan pendekatan konvensional, yang menginvestasikan dana yang sangat besar diawal untuk membangun awareness ke seluruh masyarakat. Pendekatan growth hacking justru menyasar niche market, yang paling berpotensi menjadi pengguna produknya. Ketika sudah menjadi besar, dan bertumbuh pesat, baru kemudian investasi di media yang sifatnya massal untuk branding.

Baca Juga:5 Buku Yang Direkomendasikan Untuk Memahami Transformasi & Disrupsi Digital

Growth Hacking menuntut keahlian baru bagi pemasar, mereka diharapkan bukan cuma punya kemampuan analisis yang bagus, tapi juga insting untuk inovasi produk. Karena pemasaran dan inovasi produk sangat erat kaitannya ketika bicara dalam konteks ini. Mereka dipersenjatai dengan alat-alat yang membuat semuanya bisa 2TS (Testable, Trackable, Scalable).

Baca Juga:#BookReview: Big Bang Disruption

Apakah Anda siap menjadi pemasar masa depan? Yang punya kemampuan analsis, kuantitatif, kualitatif dan insting bisnis?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer (CEO) Upnormals Pingfans

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATIS di sini