45650277 - hand drawing customer aquisition concept on white notebook

Rekomendasi Traction Channel di Tahapan AARRR Bagi Digital Startup

Ketika saya diminta oleh salah satu inkubator startup digital membahas mengenai AARRR (Acquisition, Activation, Retention, Revenue, Referral). Pembahasan mengenai AARRR, bisa dibaca di tulisan ini. Saya lalu menghubungkan itu dengan, traction channel yang pernah saya baca di buku “Traction How Any Startup Can Achieve Explosive Customer Growth”. Review mengenai bukunya bisa dibaca di sini.

Dua konsep ini menurut saya sangat menarik, dan saya membuat analisa bagaimana ini bisa diterapkan dalam proses AARRR. Saya pikir analisa ini penting bagi pengelola digital startup agar tidak kehabisan napas di tengah jalan, karena sibuk bakar uang untuk melakukan kampanye pemasaran yang pada ujungnya tidak menghasilkan sesuatu.

Saya mengelompokkan 19 traction channel yang ada di buku itu, ke dalam proses AARRR, di mana ada beberapa kanal yang bisa dipakai dalam beberapa tahap sekaligus. Dalam sebuah skema sederhana, bentuknya seperti ini.

aarrr

Bagaimana menurut Anda? Ada tanggapan atau komentar? Atau ada traction channel yang kurang familiar sehingga perlu dijelaskan? Ini bisa jadi bahasan untuk tulisan saya berikutnya.

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer (CEO)Upnormals Pingfans

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdi sini