The mechanical arm and a butterfly.

#BookReview: The Industries of The Future

the-industries

Tanpa sengaja menemukaninformasi mengenai buku ini dibagikan oleh seorang kawan di Facebooknya. Lalu saya penasaran denga judulnya yang sangat menarik, lalu mencari di Kindle. Saya terpana sejak halaman pertama, dan menghabiskannya hanya dalam 4 hari. Ini menurut saya buku terbaik yang saya baca di 2017.

Buku ini membahas tentang masa depan di mana digital, sudah menjadi bagian sehari-hari. Ada beberapa bagian penting yang menurut saya patut diwaspadai. Pertama adalah hadirnya robot dalam kehidupan sehari-hari kita. Ini dampaknya sangat luas, pertama pekerjaan yang terkait dengan administrasi dan fisik akan digantikan oleh mesin. Ini akan menjadi era yang menakutkan bagi mereka yang tidak punya keahlian. Pekerjaan semacam perawat, sopir, bahkan cleaning service, dan pekerja pabrik semua dikerjakan oleh robot.

Jadi pikirkan dari sekarang, apakah kita sudah punya keahlian yang punya nilai tambah? Dan era robot tidak akan lama lagi Alec Ross memprediksi itu akan terjadi di tahun 2020-an. Prediksi ini sangat masuk akal. Teknologi 5G yang jadi penopang akan sudah diluncurkan ke konsumen di 2020, dan ini akan menjadi penopang Internet of Thing (IOT). Era di mana semua kehidupan kita akan terhubung ke internet. Mulai dari mengunci rumah, menghidupkan tv ssampai dengan mengendarai mobil tanpa sopir.

Dan pastinya akan terjadi gejolak, dan demonstrasi besar-besaran seperti halnya ketika globalisasi didengungkan pada 1990-an. Ini prediksi Ross ketika era itu hadir dan menjadi masif. Karena selalu akan ada yang tersingkir dengan inovasi, dan perubahan jaman.

Kedua, yang menurut saya penting adalah hadirnya era genomics. Ini akan menjadi tambang emas baru, kalau dulu negara-negara menggantungkan pada sumber daya alam seperti minyak bumi dan hasil tambang lainnya. Lalu saat ini tambang emas berikutnya adalah big data. Maka post big data era, adalah era genomic.

Era di mana genetik dan DNA manusia bisa dibaca dan dikodifikasi. Dampaknya apa? Pengobatan akan sifatnya sangat personal. Kangker bisa disembuhkan dengan menemukan sel mana yang mengalami pertumbuhan tidak normal, lalu akan diobati dibagian itu.Setiap orang juga bisa dideteksi penyakit bawaannya dan bisa dilakukan pencegahan berdasarkan dna-nya ini. Cina saat ini sudah sangat memimpin kaitannya dengan riset genomic ini.

Ketiga yang menurut saya penting adalah era cyberwar dan cyber security. Ketika manusia sangat tergantung pada internet, dan semua data sudah ada di komputasi awan. Apakah yang akan kita sembunyikan? Semua data kita tersimpan di sana.

Perang di masa depan adalah bagaimana merusak jaringan, bukan lagi soal senjata nuklir seperti yang sedang dipamerkan oleh Korea Utara saat ini. Oleh karena itu, Alec Ross bahkan berani mengatakan pekerjaan yang sangat menjanjikan 50 tahun ke depan adalah menjadi ahli di bidang cyber security. Karena keahlian ini dibutuhkan oleh setiap negara, sebagai bagian dari pertahanan negara. Dan juga dibutuhkan pihak swasta, tiap perusahaan besar dan kecil harus mempekerjakan ahli cyber security karena mereka tentunya tidak ingin datanya dijebol oleh hacker.

Alec Ross bicara tentang banyak hal lainnya, pandangan dia sangat luas. Terutama untuk mereka yang ingin membangun bisnis, untuk masa depan. Ini buku yang sangat penting, untuk bisa melihat peluang apa yang terbentang di depan. Termasuk percaturan geo politik, dan geo ekonomi dunia. Ross membahas, dan memetakan daya saing berbagai negara, berdasarkan aset Sumber Daya Manusia yang dimiliki.

Sebagai orang tua, Anda juga wajib untuk membaca buku ini, sehingga Anda akan bisa memahami masa depan seperti apa yang akan dihadapi anak-anak Anda kelak. Karena dunia akan berubah dengan percepatan yang tak sama dengan yang kita alami saat ini. Alec Ross merekomendasikan salah satu keahlian yang harus dimiliki generasi masa depan adalah daya analisis, dan keahlian bagaimana berpikir dan memecahkan masalah yang kompleks dengan sebuah alur yang sederhana.

Sayang Ross, tidak banyak membahas mengenai bagaimana “mempersenjatai” generasi masa depan, agar relevan di eranya. Dia memang lebih banyak membahas dilevel negara, bagaimana mengambil kebbijakan. Dan juga bagaimana perusahaan mengambil peluang, karena itu memang keahlian utama Alec Ross.

Sekali lagi ini buku yang wajib dibaca, sebelum Anda dilindas masa depan…

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer (CEO)Upnormals Pingfans

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdi sini