robotic

Kompetensi Dasar yang Harus Dimiliki di Masa Depan

Transformasi digital sudah di depan mata, berbagai perusahaan dari semua industri sudah mulai bersiap menyambut revolusi industri keempat. Era ini akan ditandai dengan digitalisasi dalam semua proses bisnis, otomatisasi, dan hadirnya robot yang menggantikan pekerjaan manusia.

Saya sudah menuliskan beberapa topik terkait ini. Misalnya tentang transformasi digital, bisa dibaca di sini. Lalu bila ingin melihat bagaimana robotik akan mendominasi berbagai industri dimaa depan, menggantikan tenaga manusia, maka bisa membaca artikel ini.

Lalu saya terpikir, ketika nanti era otomatisasi, dan era robot hadir. Di mana itu sedang berproses dan akan segera mewabah, kompetensi apa yang akan relevan dimasa depan? Apa kompetensi yang harus dimiliki, dan diupgrade dari tiap individu untuk menjawab kebutuhan saat itu? Saya membayangkan para angkatan kerja muda, dan juga para orang tua yang tentunya selalu mencemaskan masa depan anak-anaknya.

Ini beberapa prediksi saya setelah membaca berbagai buku, artikel, riset, berdiskusi dengan beberapa teman dan juga memetakan masa depan. Analisis mengenai kompetensi apa saja yang sekiranya akan dibutuhkan dan relevan dimasa depan.

Critical Thinking

Ini adalah kemampuan untuk membaca data, lalu melakukan analisa dan mencari solusi dari berbagai data yang ada. Jadi di sini, bukan hanya bicara tentang kemampuan membaca data yang dimiliki, tapi juga menemukan cara-cara yang mungkin diluarkebiasaan untuk memecahkan masalah. Mengapa penting? Karena di masa depan, semua sudah otomatisasi dan digitalisasi semua data terekam, kemudian SDM dibutuhkan untuk membaca data secara obyektif, lalu mencari alternatif solusi berdasarkan data yang ada.

Kolaborasi

Kemampuan untuuk bekerjasama dalam sebuah tim dengan berbagai keahlian yang berbeda-beda menjadi sangat penting. Bahkan seorang ilmuwan pun tidak bisa lagi bekerja seorang diri sepertinya, karena masa depan ditentukan oleh letupan-letupan inovasi. Inovasi akan timbul apabila dilakukan kolaborasi tim dari berbagai keahlian dan latar belakang yang berbeda.

Untuk bisa berkolaborasi, tentunya perlu kemampuan komunikasi yang baik, berkompromi, mendengarkan orang lain, keahlian bernegosiasi dan persuasi dll.

Komunikasi antarbudaya

Saya pernah membaca sebuah pernyataan Jack Ma, ke depan tidak akan ada lagi produk made in China, made in USA atau made in Indonesia. Produk ke depan adalah made in internet, karena satu produk ini dibuat terpecah-pecah hasil kolaborasi lintas negara. Kembali ke kompetensi sebelumnya, ini mengapa kolaborasi menjadi sangat penting, dan satu lagi pemahaman lintas budaya. Komunikasi dengan orang-orang dengan latar belakang budaya yang berbeda, menjadi krusial.

Miskomunikasi sering kali terjadi karena persepsi dan stereotipe, berujung pada hasil yang tidak maksimal karena adanya konflik diinternal tim. Oleh karena itu penting sekali untuk terbiasa bergaul dan berkomunikasi dengan orang yang berlatar belakang berbeda. Kemampuan empati, dan memahami orang lain menjadi kunci agar relevan dengan tantangan masa depan.

Kreatif

Kreativitas sangat dibutuhkan diera yang semua sudah robotik. Karena hal-hal yang sifatnya otak kiri, logika dll sudah pasti akan dengan mudah digantikan oleh mesin dan robot. Robot bisa memprosesnya lebih cepat, dan akurat dibandingkan manusia. Tapi robot, tidak bisa menghasilkan cara baru, atau hal-hal kreatif lainnya. Itu sebabnya kreativitas jadi jawaban, bukan hanya untuk mereka yang bekerja diindustri kreatif, tapi juga untuk memecahkan berbagai masalah, atau menciptakan inovasi produk dan layanan baru. Karena data dan logika tanpa adanya imajinasi akan sangat kering, dan tidak akan bisa menciptakan inovasi-inovasi baru.

Bagaimana menurut Anda, ada yang ingin ditambahkan? Atau masukan kaitannya dengan ini?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Chief Executive Officer (CEO)Upnormals Pingfans

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdi sini