Big Data - Ilustração de Análise de Dados

4 Buku Referensi Untuk Memahami Big Data

Beberapa bulan terakhir saya tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang big data. Pertama, karena saya melihat tren ke depan adalah tentang data analisis. Ketika semua sudah terhubung ke internet,maka datanya terekam dan tersimpan. Kedua, akhir tahun lalu saya diminta untuk mengisi training di Indosat terkait tema ini.

Ini beberapa buku yang saya temukan di kindle, dan kontennya sangat menarik untuk memahami big data secara umum, dan kaitannya data privasi.

“Big Data” Buku pengantar memahami big data

big-data-1

Bernard Marr adalah seorang konsultan big data, dan buku ini sangat mudah dipahami untuk Anda yang masih sangat awam mengenai big data. Penulis menjelaskan hal-hal mendasar mengenai big data. Definisinya seperti apa, datanya diperoleh dari mana saja, data apa saja yang harus dikumpulkan sampai dengan bagaimana menganalisisnya, dan juga metriks apa yang harus diukur.

Buku yang sangat mudah dipahami, ditulis dengan bahasanya yang ringan, dan terlihat sekali ditulis oleeh orang yang kaya akan pengalaman, dengan contoh kasus dan pengaplikasiannya seperti apa.

“Data Strategy” sebuah pengantar mendalami lebih jauh tentang big data dan monetisasi

big-data-2

Buku ini masih dari penulis yang sama dengan yang sebelumnya. Namun dia membahas lebih dalam manfaat big data, bukan hanya untuk internal perusahaan, tapi lebih tajam tentang bagaimana monetisasi dari data yang dimiliki. Hal lain yang juga menarik dari buku ini adalah, bagaimana menyiapkan infrastruktur dan manajemen big data. Hal lain yang juga dibahas adalah kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh mereka yang akan mendalami big data.

“Privacy in the Age of Big Data” Sisi gelap big data dari sisi konsumen dan bagaimana minimalisasi risiko

big-data-3

Buku ini membuat saya berpikir ulang dan lebih bijak dalam menggunakan internet, mengunggah informasi, dan memberikan data ke pihak ketiga. Banyak sekali konsekuensi yang kita tak pernah sadari, dan berbagai risiko yang mengintai. Buku ini ditulis dengan beragam studi kasus, intrusi privasi, dan permasalahan akibat data yang terekam di internet. Tapi bukan sebuah opsi yang tepat untuk menutup diri dari internet. Buku ini memberikan berbagai tips praktis bagaimana melindungi diri dan keluarga dari penyelewengan data yang kita serahkan di internet.

“Privacy, Big Data, and the Public Good”, sebuah tulisan kolaboratif akademisi menyikapi era big data

big-data-4

Buku ini lumayan berat, dan tidak mudah untuk dicerna dan dipahami. Tapi memberikan banyak perspektif bagaimana seharusnya big data digunakan, bukan hanya di perusahaan untuk kepentingan mencari keuntungan. Tapi juga misalnya digunakan oleh pemerintah, dalam meningkatkan layanan ke masyarakat. Hal yang menarik lainnya adalah, wacana mengenai perlindungan data privasi dari berbagai aspek.

Mana yang menarik untuk dibaca menurut Anda?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.