future-life

3 Referensi Buku Untuk Mengantisipasi Masa Depan

Beberapa bulan yang lalu, saya sangat tertarik membaca buku-buku terkait masa depan, terutama kaitannya dengan industri dan juga perubahan sosial yang akan terjadi. Isu ini menarik karena beberapa hal. Pertama, masa depan kehidupan manusia ternyata didorong oleh digitalisasi, di mana itu adalah fokus keahlian saya yang harus dipertajam. Kedua, dengan mempelajari prediksi tentang masa depan akan seperti apa, membuat kita bisa bersiap dan berkemas agar tetap relevan di masa depan.

Baca Juga:9 Hal Tentang Robotik & Otomatisasi Yang Mencerminkan Industri Masa Depan

Berikut beberapa buku yang sudah saya baca, dan menurut saya layak dibaca karena akan membawa kita pada pemahaman masa depan akan seperti apa:

“Industries of The Future” mengintip industri apa yang akan booming di masa depan

futurist-3

Buku yang ditulis oleh Alec Ross ini membahas tentang bagaimana digitalisasi akan membawa banyak perubahan pada kehidupan manusia. Robot akan menyerobot sebagian pekerjaan manusia. Lalu peperangan bukan lagi tentang perang secara fisik, tapi peperangan digital, misalnya dengan mengirim virus, hack sistem perbankan dll. Apakah pernah membayangkan hal ini sebelumnya?

“The Extreme Future” Prediksi Tentang Berbagai Aspek Kehidupan Manusia di Masa Depan

futurist-2

Buku ini membahas tentang otomasi di berbagai industri, yang konsekuensinya adalah tenaga kerja manusia yang dibutuhkan makin berkurang. Beberapa ilmu dan teknologi apa yang akan berkembang di masa depan. Lalu bagaimana dampaknya pada lingkungan hidup dll.

“The Future of Leadership Rise of Automation, Robotics, and Artificial Intelligence” Bicara Tentang Kepemimpinan di Masa Depan

futurist-1

Buku ini menurut saya menarik karena mewakili suara Triple Minority (Perempuan, Keturunan Afrika dan Negara Berkembang). Brigette adalah seorang konsultan manajemen dan kepemimpinan dari Trinidad & Tobago. Buku ini membahas dengan rinci apa saja yang terjadi dengan otomasi, pekerjaan apa saja yang nantinya akan segera digantikan oleh mesin dan robot, lalu beberapa alternatif pengelolaan ekonomi apabila era itu terjadi. Karena memang sampai saat ini belum ada yang bisa memberikan solusi yang dianggap paling pas mengatasi situasi ini.

Baca Juga:Kompetensi Dasar yang Harus Dimiliki di Masa Depan

Apakah Anda tertarik untuk membaca?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini