dq-project

8 Kecerdasan Digital Yang Harus Dimiliki, Apa Saja?

Dulu pertama kali kita mengenal Intelligence Quotient (IQ), lalu tren berikutnya kita diperkenalkan pentingnya Emotional Quotient (EQ). Dan yang terbaru ini sangat menarik, seiring dengan kehidupan kita termasuk kehidupan sosial kita, ada di ranah digital. Di World Economic Forum mereka memperkenalkan Digital Quotient, topik yang sepertinya belum banyak dibahas di Indonesia, padahal ini sangat penting, dan dampaknya bisa sangat luar biasa. DQ yang tinggi bisa membuat kita meraih banyak peluang, tapi DQ yang rendah bisa berakhir menjadi korban kriminal atau bahkan mungkin masuk penjara karena tanpa sadar telah melakukan pelanggaran hukum, akibat emosi yang tak terkontrol, ketidaktahuan dll.

Lalu apa saja kemampuan dan kapabilitas yang perlu dipahami dan dimiliki ketika Anda banyak berinterkasi di ranah digital:

dq-project

Identitas Digital:

Kemampuan untuk membuat dan mengelola identitas serta reputasi di digital. Anda perlu paham, apa pun informasi yang Anda taruh di media digital akan ada di sana, dan akan dimanfaatkan oleh orang untuk beragam kepentingan mulai dari yang positif hingga negatif. Anda perlu pikirkan juga, reputasi dan citra apa yang akan dipersepsikan orang lain, ketika melihat data yang Anda cantumkan di media digital.

Pemanfaatan Digital:

Kemampuan untuk menggunakan media dan gawai digital, dan juga kemampuan mengontrol diri sendiri, termasuk menciptakan keseimbangan antara online dan kehidupan nyata. Jangan sampai terlalu asyik dengan media online, sehingga tidak punya kehidupan di dunia nyata, atau canggung ketika bertemu langsung dengan orang lain.

Keamanan Digital (Digital Safety):

Kemampuan untuk mengelola risiko yang ada di online misalnya radikalisasi, bully via internet, pelecehan seksual. Ruang lingkupnya juga termasuk bagaimana membatasi dan mengelola konten terkait kekerasan dan pornografi.

Proteksi Digital (Digital Security):

Kemampuan untuk mengelola risiko penipuan, malware, serangan digital. Anda diharapkan juga melek terhadap beragam tools untuk melakukan perlindungan terhadap berbagai kemungkinan tindakan kriminal tersebut.

Kecerdasan Emosional Digital:

Kemampuan untuk berempati dan menjalin hubungan baik dengan orang lain via media online. Terkadang beberapa orang merasa, karena tidak berhadapan langsung, maka biasa saja untuk berkata kasar, dan menghina. Kita lupa menyadari, diujung sana adalah juga manusia, yang bisa sedih dan sakit hati.

Komunikasi Digital:

Kemampuan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi menggunakan media online. Karena ke depan semangat yang diperjuangkan bukan lagi berkompetisi, atau bekerja individual. Kemampuan berkolaborasi menjadi salah satu kunci untuk bisa bertahan dan sukses di masa depan.

Literasi Digital:

Kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan, berbagi dan juga membuat konten digital, dan juga kemampuan berpikir analitis untuk mencari solusi permasalahan

Hak Digital:

Kemampuan untuk memahami dan mengetahui hak personal dan legal, termasuk di dalamnya terkait privasi, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), kebebasan berbicara dan juga perlindungan dari ujaran kebencian.

Baca juga:Kompetensi Dasar yang Harus Dimiliki di Masa Depan

Dari 8 kecerdasan ini, mana yang sudah Anda miliki?

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISĀ disini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.