iot_things

Cerita dari Transformasi Digital Indosat Ooredoo, dan Peluang Masa Depan di Era Digital

Kata kunci transformasi digital mendadak jadi tren, dan topik hangat. Beberapa industri sudah menyadari pentingnya melakukan transformasi digital, sementara yang lain paham harus melakukan perubahan, tapi tidak tahu harus memulai dari mana.
Industri yang saya tahu getol melakukan transformasi di Indonesia adalah telekomunikasi dan finansial. Mengapa? Karena industri ini yang terimbas langsung dampak digitalisasi. Telekomunikasi sebagai penyedia infrastruktur digital pastinya akan menjadi yang pertama terkena dampaknya, industri finansial berbondong-bondong berubah karena lingkungan bisnisnya juga berevolusi, karena banyak pesaing baru dari perusahaan rintisan digital.
Indosat Ooredoo bisa jadi studi kasus yang menarik. Kebetulan saya banyak terlibat memberikan training inhouse di tim Indosat sejak beberapa tahun lalu. Saya melihat banyak sekali perubahan yang mereka lakukan.
Pertama perubahan terkait lay out ruangan. Kantor Indosat Ooredoo sekarang lebih seperti suasana kantor rintisan digital, lebih banyak ruang terbuka, untuk diskusi dan kolaborasi. Ada juga sudut sudut yang bisa digunakan untuk kerja individual, tetapi dengan suasana yang rileks.
Kedua, karyawan difasilitasi untuk mengakuisisi pengetahuan baru, dengan disediakan kindle dan akses ke jurnal-jurnal via online secara gratis. Jadi ibarat perpustakaan online yang bisa diakses semua karyawan yang haus akan pengetahuan, dan tanpa batas bisa akses pengetahuan terbaru dari seluruh dunia.
Ketiga, dalam dua tahun terakhir sistem training internalnya juga berubah. Karyawan yang ikut sesi training bukan diwajibkan, tapi atas kesadaran pilihan masing-masing. Misalnya ketika tema media sosial dan branding, ada tim keuangan yang ikut. Alasan mereka, ingin menambah pengetahuan di luar kompetensi yang dimiliki. Lebih kaget lagi, ketika kemarin sesi training tentang membangun perusahaan rintisan digital, ada peserta ibu-ibu paruh baya dari tim pengelolaan properti. Ketika ditanya apa motivasinya, biar lebih update dengan situasi kekinian.
Ini semua dirancang oleh Indosat Ooredoo tentunya agar karyawannya selalu membuat gebrakan dan inovasi baru. Karena era ekonomi digital sangat bergantung pada inovasi dan kolaborasi. Maka jangan heran kalau di Indosat Ooredoo sekarang banyak ruang terbuka, dan bersantai. Karena dengan desain ruangan yang semacam ini, ada banyak peluang mereka berkolaborasi dalam suasana yang lebih santai, dan mencetuskan inovasi baru bagi perusahaan. Dan inovasi itu hanya akan muncul ketika orang dari lintas divisi saling bertemu dan bertukar pikiran.
Dengan transformasi digital yang sudah dilakukan, maka tidak mengherankan bila Indosat menjadi salah satu yang terdepan dalam inovasi produk untuk menjawab kebutuhan di masa depan. Ke depan penggunaaan telekomunikasi bukan hanya untuk telepon atau paket data internet. Hal lebih besar akan segera hadir antara lain, Internet of Thing (IoT). Apa itu IoT? Era di mana semua perkakas dan peralatan yang kita punya semua terkoneksi dengan internet, dan bisa dikendalikan dari gawai yang kita punya. Gawai nantinya bukan hanya untuk chatting, telpon dan browsing. Tetapi juga untuk menyalakan AC, televisi, memonitor rumah melalui CCTV dll.
Hal yang lebih luas lagi adalah konsep smart city, apa itu? Sebuah kota yang terkoneksi dengan data di internet, di mana akan bisa dianalisa mulai dari sistem transportasi, sistem pengelolaan air, administrasi pemerintahan, lalu terhubung juga dengan sistem di sekolah, layanan kesehatan dll. Hal ini akan membawa efisiensi, dan potensi penyelewengan dan korupsi yang bisa ditekan karena semua termonitor oleh sistem.
Dan semua hal futuristik ini, seperti halnya dulu hanya kita bisa lihat di film fiksi ilmiah akan segera hadir dan diimplementaskan, dan Indosat Ooredoo sudah sangat siap untuk mendukung hal itu. Karena Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi yang visioner, dan inovatif sudah bisa memprediksi dan mengantisipasi masa depan.
Bagaimana dengan perusahaan Anda? Transformasi apa yang sudah dilakukan untuk menyongsong masa depan?

 

*paid partnership

 

Tuhu Nugraha Dewanto

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.