trend

4 Tren Teknologi yang Mengubah Peradaban Manusia

Teknologi digital saat iniberkembang luar biasa cepat. Saya melihat ada 4 kategori besar tren teknologi yang akan membuat kehidupan manusia akan berubah signifikan, ini akan berdampak pada bagaimana kita berinteraksi, pekerjaan yang relevan di masa depan, dan juga berbagai peluang bisnis pun akan didefinisikan ulang. Apa sajakah itu?

Tren 1: Artificial Intelligence (AI) akan mengambil alih berbagai pekerjaan manusia terutama yang sifatnya berulang dan berpola.

Ketika trennya semua data kita tersimpan di jejaring internet, di sisi lain komputer semakin canggih mengelola dan menganalisis data. Kemampuannya untuk menganalisis, dan mengelola data akan lebih canggih dibandingkan kemampuan otak manusia. Oleh karena itu akan banyak pekerjaan yang akan beralih oleh robot, dan mesin. Kelanjutan dari AI adalah otomasi di berbagai bidang, mulai dari manufaktur hingga pengambilan keputusan.

Mengutip artikel dari Forbes, AI sudah mampu melihat (contohnya piranti lunak pengenal wajah), membaca (menganalisa pesan di media sosial), mendengarkan (Alexa dan Google yang mampu mendengar perintah, berbicara (Alexa dan Google yang mampu menjawab), dan juga mengukur emosi manusia (contohnya affective computing).

Tren 2: Internet Of Thing (IOT), ketika semua perangkat akan terhubung dengan internet, dan terhubung satu sama lain

Ketika internet sudah memasuki era 5G, maka semua perangkat yang kita gunakan mulai dari kunci rumah, televisi, pakaian, sepatu bahkan mobil akan terhubung ke internet. Era ini akan ditandai dengan misalnya mobil tanpa sopir, kita bisa tidur pulas di belakang, sampai di rumah maka otomatis lampu akan menyala.

Berkat kecerdasan AI, maka semua bisa dianalisa dan terhubung satu sama lain. Semacam film fiksi ilmiah? Iya betul sekali, tapi hal itu nyata segera hadir sekitar 2020, ketika 5G diperkirakan sudah diimplementasikan secara massal.

Baca Juga:7 Fakta Otomasi dan Robotik Sudah Hadir di Indonesia, Sudah Siap?

Tren 3: 3D Printing, semua barang bisa dikustomisasi, dan semua orang bisa menjadi produsen apapun

Mesin cetak 3 dimensi memungkinkan semua orang untuk membuat apa pun berdasarkan referensi gambar yang dia punya, mulai dari rumah hingga obat. Pernah membayangkan, era di mana tidak dibutuhkan lagi pabrik yang sifatnya massal? Obat yang diminum tiap orang bisa berbeda dan diracik sendiri berkat 3D printing, dan komposisi berdasarkan analisis yang dilakukan oleh AI.

Baca Juga:3D Printer Akan Merevolusi Industri, Apa Saja & Mengapa?

Tren 4: Teknologi Blockchain yang meredefinisimulai dari sistem keuangan, hingga sistem penyimpanan data di internet

Tren terbaru yang membuat pusing bukan hanya individual, tetapi juga tingkat negara adalah teknologi blockchain. Teknologi ini membuat penyimpanan data diinternet menjadi tredesentralisasi. Ini mengubah aturan main saat ini, di mana semua data akan tersimpan terpusat di berbagai server penyimpan.

Kehadiran blockchain membuat berbagai transaksi tidak bisa dideteksi. Transaksi ekonomi bisa dilakukan oleh berbagai pihak, tanpa diketahui oleh negara, dengan menggunakan mata uang digital. Uang digital pun bisa dibuat oleh siapapun tidak memerlukan peran dari pemerintah dan bank sentral.

Konsekuensinya juga sangat beragam, misalnya perusahaan penyedia jasa cloud server menjadi tidak relevan, negara harus meredefinisi aturan main mengenai perdagangan karena bisa jadi masyarakat tertipu oleh spekulan dan tidak terdeteksi. Dan berbagai hal lainnya.

Baca Juga:Hal Mendasar Yang Perlu Dipahami Tentang Blockchain

 

Tuhu Nugraha

Digital Strategy Expert & Trainer

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.