robot-jobs

3 Buku Tentang Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) semakin menjadi topik yang hangat, dan banyak diperbincangkan di mana-mana. Karena teknologi yang sudah cukup lama hadir ini, saat ini memasuki tahapan implementasi di berbagai lini kehidupan, dan diaplikasikan di berbagai industri.

AI membawa optimisme dan kegembiraan tentang masa depan yang menjadi lebih efisien, dan manusia tidak perlu mengerjakan hal-hal rutin membosankan. Di sisi lain, AI memunculkan kecemasan terbesar peradaban manusia, apa yang akan dikerjakan manusia, apabila pekerjaannya diambil alih oleh mesin? Atau apakah ada suatu masa di mana manusia akan dijajah oleh robot yang lebih pintar dari manusia?

Saya sudah membaca 3 buku berikut ini, yang paling tidak membuat saya lebih paham bagaimana masa depan akan terbentuk, apa itu AI, dan bagaimana para pemikir kelas dunia memberikan alternatif solusi masa depan, dan membuat kita sebagai manusia tetap relevan.

Pertama, The Future of Leadership Rise Automation, Robotics and Artificial Intelligence (AI)

futurist-1Buku yang sangatmenarikkarenaditulisoleh seorangkonsultan manajemen dan kepemimpinan skala global, dan berasal dari latar belakang triple minority, yaitu perempuan, kulit hitam, dan negara berkembang. Buku yang sangat langka, di tengah dunia yang didominasi oleh Barat, kulit putih dan laki-laki.

Buku ini lebih menyoroti dampak AI dari sisi bagaimana manusia bisa bersaing dibandingkan dengan mesin dari sisi kepemimpinan dan empati. Karena robot tidak memiliki ini. Ulasan lebih dalam saya pernah menuliskannya di sini.

 

 

Kedua, Prediction Machine The Simple Economics of Artificial Intelligence

prediction-machineBuku ini ditulis oleh seorang ahli ekonomi, dia melihat dari perspektif ekonomi. Analisanya sangat menarik, dan langsung sistematis melihat apa yang bisa dilakukan oleh mesin, dan apa yang tidak bisa dilakukan oleh mesin. Apa kelebihan mesin dibanding manusia, dan apa kelebihan manusia dibanding mesin.

Lalu dia menawarkan solusi apa saja yang bisa dilakukan manusia, agak tetap relevan dan bersaing dengan mesin. Buku yang ditulis dengan sangat jelas, dan menukik tajam secara efisien menjawab pertanyaan dan kegelisahan kita. Ulasan lebih mendalam sila baca tulisan saya sebelumnya di sini.

 

 

Ketiga, AI Super-Powers China, Silicon Valley, and the New World Order

ai-super-powerBuku ini sangat menarik, karenaberbedadengan dua penulissebelumnya yang berlatar belakang ekonom dan ahli manajemen. Buku ini ditulis teknokrat yang PhD di bidang AI. Tapi tidak perlu kuatir buku ini justru paling menarik diantara ketiga buku tentang AI. Kaifu Lee sebagai penulis, bisa menjelaskan overview AI dengan bahasa yang sangat mudah, dan saya sangat kagum akan pengetahuannya yang lintas batas membahas dampak AI dari sisi hubungan antarnegara hingga filosofis, bahkan tawaran solusi bagaimana tata kelola ekonomi pasca AI, dan juga bagaimana perspektifnya sebagai manusia kita bisa berkompetisi dengan AI dan robot.

 

 

Mana diantara ketiganya yang menarik menurut Anda?

 

Tuhu Nugraha

Digital Strategy Expert & Trainer

Dosen Pasca Sarjana London School of Public Relations (LSPR) Jakarta

Penulis Buku Best Seller WWW.HM Defining Your Digital Strategy

Unduh e-book GRATISdisini

Load More
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.